Cerita Menteri Muhadjir Pimpin Upacara di Ponpes Ngruki, Kaget Abu Bakar Ba’syir Ikut Hadir

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) yang juga Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI) Muhadjir Effendy (foto: Kompas)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) yang juga Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI) Muhadjir Effendy menceritakan pengalamannya saat memimpin upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI di Pondok Pesantren (ponpes) Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, pada Rabu (17/8/2022) lalu.

Muhadjir mengatakan, pihak ponpes-lah yang mengundang dirinya untuk menjadi inspektur upacara. “Ya, biasa lah alhamdulillah ini kan upacara HUT RI pertama kali di Ngruki. Kemudian saya diundang untuk pimpin jadi inspektur upacara,” ujar Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (19/8/2022).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Saat mendapat undangan itu, Muhadjir terlebih dulu meminta izin kepada Presiden Joko Widodo. Sebab, di hari yang sama dirinya selaku anggota Kabinet Indonesia Maju diwajibkan mengikuti upacara di Istana Merdeka. Presiden Jokowi lantas memberikan izin agar Muhadjir bisa memimpin upacara di Ngruki. “Presiden sudah izinkan. Ya saya mimpin dan alhamdulillah semua lancar. Terima kasih dukungan dari Pangdam, Kapolda yang mengirimkan staf untuk ikut bantu. Latihannya hanya 4 hari baris berbaris. Dan saya lihat santrinya bagus untuk ukuran itu (langsung bisa baris berbaris untuk upacara),” tuturnya, dikutip dari Kompas.

Mantan Mendikbud itu pun berharap perubahan tersebut membuat Ponpes Al Mukmin semakin terbuka. “Dan stigma negatif akan sgera hilang dan nanti tanggal 21 nanti hari Minggu saya akan ke sana lagi untuk beri pengarahan ke alumni karena ada temu akbar alumni Ngruki,” tambahnya. Diberitakan sebelumnya, Abu Bakar Ba’asyir mengikuti upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 Indonesia di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu. Tampak Ba’asyir hadir dengan mengenakan baju serba putih, sarung cokelat muda, berkaca mata dan menggenggam tongkat.

Pendiri Ponpes Al Mukmin Ngruki itu tampak serius dan khidmat mengikuti upacara “Baru kali ini (upacara 17 Agustus) sejak (pondok) berdiri,” kata Ba’asyir seusai mengikuti upacara bendera merah putih peringatan 17 Agustus di halaman pondok, Rabu. Ba’asyir tampak duduk di barisan depan bersama deretan Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Achiruddin, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi dan tamu undangan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *