Proyek Gila Ubah Gurun Menjadi Hutan, Tujuannya Apa?

Ubah Gurun Menjadi Hutan
Ubah Gurun Menjadi Hutan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Gurun terkenal sebagai area yang sangat panas dan juga tandus. Jadi, bakal sulit sekali menjumpai tumbuh-tumbuhan di kawasan seperti ini.

Namun, seiring dengan kemajuan zaman, mulai muncul ide mengubah gurun menjadi hutan lebat. Proyek gila ini mulai dilirik oleh negara-negara di benua Afrika, Timur Tengah, dan juga China.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mereka diketahui tengah berlomba-lomba untuk mendapatkan kembali tanah yang subur agar bisa digunakan untuk lahan pertanian.

Selain itu, ambisi untuk merubah gurun menjadi hutan juga dilakukan untuk mencegah erosi tanah serta meningkatkan keanekaragaman hayati. Mereka juga melakukannya untuk alasan ekologis lainnya.

Beberapa ahli berharap dapat membantu memerangi perubahan iklim serta melindungi penduduk daerah tersebut dari dampak kekeringan maupun kelaparan.

Diolah dari kanal YouTube iNews Variety Show, Selasa (6/9/2022).

Proyek di Sahel dan Eritrea, Afrika, bahkan dilaporkan sudah mulai digarap.

Proyek dimulai sejak awal tahun lalu. Proses penghijauan yang dinamakan proyek Hutan Sahara ini diharapkan dapat menyelamatkan nyawa, resiko perubahan iklim, serta juga bisa meningkatkan perekonomian wilayah tersebut.

Seperti diketahui, air merupakan aspek yang paling penting dalam proses penghijauan gurun. Sayangnya air bukanlah sumber daya yang banyak tersedia di gurun. Untuk itu digunakanlah panel surya dan turbin angin untuk membantu mengatasi masalah air.

Para ahli juga menambahkan karbon pirogenic di dalam proyek. Karbon pirogenic adalah produk dari bahan organik yang tidak terbakar sempurna, misalnya arang ataupun karbon hitam. Cara ini terbukti dapat meregenerasi tanah.

Para ahli juga mengklaim mampu mengembalikan kesuburan tanah dengan tumbuhan yang digunakan adalah yang menyukai garam, mengingat di gurun memiliki konsentrasi garam yang sangat tinggi.

Beberapa wilayah proyek penghijauan gurun ini sedang berjalan dan terus menunjukkan hasil yang positif. Tetap ada beberapa ilmuwan yang kurang sepakat dengan proyek penghijauan gurun yang kini masih berlangsung.

Mereka tidak setuju dengan proyek ini karena pada dasarnya keberadaan gurun juga penting untuk kelangsungan ekosistem bumi. Mereka menganggap menciptakan hutan baru berarti mengancam kehidupan liar yang bergantung pada kondisi gurun.

Para ilmuwan juga menyebut sama seperti kutub, gurun memiliki fungsi yang cukup vital dalam menjaga cuaca dan iklim global. Jika tidak ada gurun Sahara di Afrika, maka Eropa tidak akan mengalami musim panas.

Begitupun juga tidak ada gurun di China maka tidak akan ada kawasan subur di Korea dan Amerika Utara. Teori ini membuktikan bahwa gurun pasir merupakan mesin iklim raksasa bagi kelangsungan Bumi.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *