Makna Keluarga Samawa

Makna Keluarga Samawa
Makna Keluarga Samawa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Rahmah muncul dari perjalanan waktu yang panjang. Setelah banyak masalah, kendala, tantangan dan rintangan yang dihadapi dalam mengayuh perahu rumah tangga, suami dan istri merasakan kecocokan antara satu dengan yang lain. Mereka semakin padu, satu dan seiya sekata dalam satu tindakan. Lahir dan bathin mereka sudah menyatu. Mereka seakan tidak bisa dipisahkan dengan halangan dan masalah apapun. Setelah mempunyai anak banyak, kecocokan baru bisa didapatkan.

Mewujudkan Keluarga Samawa

Mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah ( SAMAWA) memang bukanlah suatu hal yang mudah, tetapi bukan suatu hal yang mustahil untuk bisa mendapatkannya. Ada langkah-langkah yang bisa ditempuh oleh pasangan suami –istri untuk mewujudkan keluarga SAMAWA.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam buku keputusan Tanfiz Muhammadiyah menjelaskan ada tujuh langkah yang bisa ditempuh oleh pasangan suami-istri untuk mewujudkan keluarga SAMAWA yaitu :  pertama, membangun komitmen untuk membina keluarga yang bahagia dan langgeng berdasarkan ketuhanan yang maha  Maha Rahman dan Rahim.

Kedua, melaksanakan perkawinan dengan prinsip otonomi, kedewasaan dengan mempetimbangkan usia yang matang/dewasa, mitsaqan ghalizha, kekekalan keluarga, pencatatan perkawinan, al-qiwamah  dan monogami.  Ketiga, menjalin hubungan antar keluarga dengan prinsip mu’asyarah bil-ma’ruf yaitu saling menyayangi, menghargai, saling meberdayakan dan  tanpa kekerasan dalam rumah tangga.

Keempat, melaksanakan hak dan kewajiban dengan berdasarkan cinta dan penuh tanggung jawab. Kelima, melibatkan anggota keluarga laki-laki dalam tugas domestic dan pemeliharaan kesehatan reproduksi.

Keenam, melaksanakan pendidikan keluarga untuk menghasilkan  warga yang berguna bagi kemajuan agama, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara. Ketujuh membina keluarga diatas pilar-pilar spiritual pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lingkungan hidup serta social politik dan hukum.

banner 800x800