Kisah Abu Nawas: Iseng Jalan-Jalan di Pasar, Abu Nawas Dapat Sekantong Uang Emas, Menang Banyak!

Abu Nawas Dapat Sekantong Uang Emas
Abu Nawas Dapat Sekantong Uang Emas. Foto/ilustrasi: unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Setibanya di rumah, Abu Nawas menyerahkan kantong tersebut. “Benarkah ini kantong tuan?” tanya Abu Nawas.

“Iya benar,” jawab saudagar kaya tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kemudian lelaki tersebut membuka kantongnya dan menghitung jumlah uangnya. Jumlahnya masih tetap utuh yaitu 1.000 dinar.

Lalu saudagar kaya itu pamit pulang kepada Abu Nawas, tapi belum juga melewati pintu keluar tiba-tiba berhenti dan berkata, “Wahai orang tua, aku akan menceritakan kepadamu mengenai kantong ini.”

“Ayahku telah mewariskan kepadaku uang 3.000 dinar sebelum meninggal. Ayahku berpesan kepadaku untuk membagikan sepertiganya kepada orang yang berhak menerimanya, dan aku juga disuruh menjual warisan ternak lalu menginfakkannya, sebagian lagi aku gunakan untuk pergi haji, maka aku pun melaksanakan wasiat itu dan wasiat untuk membagikan sepertiga uang dari kekayaanku.”

“Uang tersebut aku letakkan di kantong ini, lalu aku pergi ke kota untuk mencari orang yang benar-benar miskin. Namun, aku tidak menemukan seorang pun yang lebih berhak daripada Anda, maka ambillah uang di kantong ini. Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala memberkahimu,” terang saudagar tersebut.

Mendengar hal itu, Abu Nawas pun bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Kesabaran dan kejujurannya saat menemukan uang tersebut ternyata mendapat jalan lain dari Allah Ta’ala.

Ternyata saudagar kaya tersebut tidak hanya memberikan seperseratus yang dimintanya, melainkan semua uang yang ada di kantong tersebut.

Wallahu a’lam bisshawab.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *