Fakultas Dakwah dan Komunikasi Telah Meluluskan 5.489 Sarjana

Fakultas Dakwah dan Komunikasi Telah Meluluskan 5.489 Sarjana
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Telah Meluluskan 5.489 Sarjana
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



SEMARANG, Hajinews.id – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, hingga November 2022 telah meluluskan 5.489 orang sarjana.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Drs HM Mudhofi MAg menjelaskan, pada wisuda S1 angkatan 86 dan S2 angkatan 27, belum lama ini FDK melepas sebanyak 133 orang sarjana baru, terdiri dari 39 orang laki-laki dan 94 orang perempuan. Upacara pelepasan sarjana berlangsung di Hotel Grasia Jl. Letnan Jenderal S. Parman No. 29 Gajahmungkur Semarang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut Mudhofi, para sarjana baru itu terdiri dari 5 Program Studi (Prodi) S1, yaitu Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI), Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Prodi Manajemen Dakwah (MD), Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Prodi Manajemen Haji Umrah (MHU) dan 1 Program Studi Magister S2 – KPI (Komunikasi dan Penyiaran Islam).

Dekan FDK, Prof Dr H Ilyas Supena MAg dalam sambutannya berpesan agar para sarjana FDK tidak melupakan orang-orang dan berbagai pihak yang telah mengantarkan kesuksesan yang telah diraih.

PELEPASAN SARJANA: Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Prof Dr H Ilyas Supena MAg mengalungkan samir dan menyerahkan ijazah kepada para sarjana baru, belum lama ini.

“Kesuksesan kalian di sini adalah karena keterlibatan banyak pihak, jangan merasa bahwa atas perjuangan sendiri. Pertama, tentu saja orang tua, peran mereka tidak bisa diabaikan dalam kehidupan kita. Terutama doa ibu, maka doa-doa penting dari mereka harus kalian harapkan. Tanpa doa mereka, keberhasilan kita hanyalah semu,’’ kata Ilyas.

Para dosen berjasa mendidik dan membimbing dengan berbagai cara dengan rasa kasih sayang.

Ilyas berpesan, ibarat burung kepada anaknya bahwa di luar sana, ada banyak mangsa yang akan menerkam mereka. ‘’Suatu saat nanti, setelah wisuda, cerita baru akan dimulai, akan ada banyak tantangan yang kalian hadapi dan semua itu butuh perjuangan. Sehingga ingatlah pelaut yang handal tidak pernah lahir dari lautan yang tenang. Maka jika ingin menjadi pelaut yang handal maka harus mampu mengarungi berbagai tantangan yang dihadapi dalam mengarungi samudera,’’ kata Ilyas.

Mengakhiri sambutannya, Dekan FDK mengajak para sarjana baru itu menyanyi lagu “Laskar” bersama, sehingga suasana semakin hangat dan akrab.

Hadir dalam upacara pelepasan sarjana (S1) Ke 86 dan Magister (S2) Ke-27 itu, Marhani SSosI MSI, alumni FDK angkatan 1997 yang saat ini aktif di berbagai aktifitas, selain sebagai penceramah, dia juga sebagai pemandu ibadah umrah dan menjadi pengurus Baznas Kabupaten Semarang.

Marhani menceritakan kisah suksesnya setelah lulus dari FDK. ‘’Bagaimana perbedaan kondisi perkuliahan pada zamannya dulu dengan di era saat ini yang sudah semakin banyak fasilitas dan kemudahan untuk menunjang kesuksesan,’’ katanya.

Menurutnya dua kunci penting dalam meraih sukses. Pertama, hormatilah kedua orang tua dalam kondisi apapun. Kedua, jalani tiap ada peluang, jangan pernah menolak.

Acara dimeriahkan pementasan mahasiswa FDK dari Tim Teater Wadas dan tari “Gambyong Mari kangen” dari Komunitas Tari Gandhes Luwes.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *