Kultum 44: Memilih Kisah yang Mendidik

Memilih Kisah yang Mendidik
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hindari juga kisah atau cerita yang berisi hinaan, celaan, dan merendahkan orang lain. Berbagai kisah dan cerita dalam film kartun di teve banyak yang merupakan jenis ini. Hindari juga kisah-kisah yang bermuatan rasis dan menimbulkan rasa lebih hebat atau merendahkan ras lain.

Sebaliknya, kita harus memilih berbagai kisah yang bisa memberikan teladan dan penuh hikmah bagi anak-anak kita. Kita semua sudah paham bahwa kalau berbicara tentang teladan dan penuh hikmah, maka kita pasti ingat bahwa para Nabi Allah adalah teladan terbaik. Kisah kehidupan mereka dan para sahabat yang mengikuti mereka pasti penuh dengan hikmah. Allah berfirman,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

أُولَٰئِكَ الَّذِينَ هَدَى اللَّهُ ۖ فَبِهُدَاهُمُ اقْتَدِهْ

Artinya:

Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka ikutilah petunjuk mereka (QS. Al-An’am, ayat 90).

Berbagai kisah para Nabi terdahulu sampai Nabi Muhammad jika diberikan dengan teknik teknik yang menyenangkan akan mampu menghipnotis anak-anak kita. Kisah Nabi Yunus ketika berada di dalam perut ikan paus, Nabi Sulaiman dengan burung Hud-Hud, Nabi Yusuf dengan saudara-saudaranya, Nabi Musa dengan Khidir, dan kisah-kisah lainnya bisa dengan mudah diakses dari media sosial. Kisah kehidupan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabat juga sangat banyak. Dari situlah kita dapat menanamkan keteladanan dan hikmah kehidupan.

Keteladanan Rasulullah bahkan sudah ditegaskan dalam firman Allah,

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya:

Sesungguhnya telah ada pada [diri] Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu [yakni] bagi orang yang mengharap [rahmat] Allah dan [kedatangan] hari Kiamat dan dia banyak menyebut Allah (QS. Al-Ahzab, ayat 21).

Semoga sedikit yang kita baca ini bermanfaat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                           

  —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *