Diungkap Gus Dur, Inilah Pertemuan Rahasia Antara Soeharto dan Perdana Menteri Israel Yang Mengawali Operasi Alpha Yang Misterius

Pertemuan Rahasia Antara Soeharto dan Perdana Menteri Israel
Soeharto dan gus dur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Dampak Operasi Alpha terhadap Hubungan Indonesia-Israel

Operasi Alpha merupakan salah satu contoh kerjasama rahasia antara Indonesia dan Israel yang menunjukkan adanya kepentingan bersama di antara kedua negara.

Meskipun demikian, operasi ini tidak berdampak signifikan terhadap hubungan diplomatik resmi antara Indonesia dan Israel.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Indonesia tetap tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel, karena menganggap bahwa Israel adalah negara penjajah yang melanggar hak-hak rakyat Palestina.

Indonesia juga selalu mendukung kemerdekaan Palestina, baik secara politik maupun bantuan kemanusiaan.

Bahkan, Indonesia pernah menolak bantuan vaksin Covid-19 dari Israel pada tahun 2020.

Israel juga tetap tidak mengakui kedaulatan Indonesia atas Papua, karena menganggap bahwa Papua adalah wilayah yang disengketakan oleh gerakan separatis.

Israel juga pernah memberikan bantuan militer kepada gerakan separatis Papua pada tahun 1960-an hingga 1970-an2.

Meskipun begitu, operasi Alpha juga membuka peluang untuk adanya komunikasi dan kerjasama non-resmi antara Indonesia dan Israel di berbagai bidang, seperti perdagangan, pariwisata, pendidikan, budaya, agama, dan lingkungan hidup.

Beberapa tokoh Indonesia dan Israel juga pernah melakukan pertemuan informal atau kunjungan pribadi untuk membahas isu-isu yang berkaitan dengan Timur Tengah atau Asia Tenggara2.

Operasi Alpha menunjukkan bahwa ada kemungkinan untuk adanya dialog dan kerjasama antara Indonesia dan Israel, asalkan didasarkan pada prinsip saling menghormati dan menguntungkan kedua belah pihak.

Operasi ini juga menunjukkan bahwa ada ruang untuk adanya perdamaian antara Israel dan Palestina, asalkan ada komitmen dan niat baik dari kedua belah pihak untuk menyelesaikan konflik secara damai.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *