Dulunya Tukang Cuci Piring Kini Miliarder Muslim Ini Punya Harta Bernilai Rp181 Triliun

Shahid Khan sang miliarder Muslim
Shahid Khan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Dulunya tukang cuci piring, kini menjadi orang terkaya dengan kekayaan 12,1 miliar USD atau Rp 181,5 triliun (kurs Rp 15.000 per USD). Kesuksesan harus diraih melalui kerja keras, ketekunan dan proses yang panjang. Sama seperti seorang miliarder Muslim bernama Shahid Khan.

Shahid Khan adalah miliarder Muslim yang melalui proses panjang untuk mendapatkan gelar miliarder. Dia pernah menjadi pencuci piring di sebuah restoran di Amerika Serikat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun, orang Pakistan-Amerika ini kini masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Shahid Khan dikabarkan memiliki kekayaan bersih sebesar Rp 181,5 triliun. Hal itu dilansir Forbes, Jakarta, Kamis (30 Maret 2023).

Dengan kekayaan sebesar itu, Shahid Khan berada di urutan ke-313 dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes 2022.

Kisah Shahid Khan

Shahid Khan lahir pada 18 Juli 1950 di Lahore, Pakistan. Shahid Khan memiliki mimpi menjadi seorang arsitek. Untuk mewujudkan mimpinya itu, dirinya memutuskan ke AS pada usia 16 tahun.

Sambil menyelesaikan pendidikannya di AS, Shahid Khan bekerja sebagai pencuci piring di salah satu restoran dengan upah USD1,20 per jam.

Shahid Khan akhirnya berhasil menyelesaikan gelar B.Sc jurusan teknik industri dari University of Illinois at Urbana-Champaign (UIUC) pada 1971. Shahid Khan akhirnya menjadi warga negara AS pada 1991.

Kesuksesannya dimulai ketika masih duduk di bangku kuliah, di mana Khan bekerja di produsen suku cadang mobil, Flex-N-Gate. Setelah lulus, Khan ditunjuk menjadi Direktur Teknik.

Lalu pada tahun 1980, pria asal Pakistan ini memutuskan membeli Flex-N-Gate dan menjadikan perusahaan tersebut sebagai satu-satunya pemasok untuk seluruh lini Toyota di AS hanya dalam waktu sembilan tahun.

Atas kesuksesannya, perusahaan sekarang memiliki 69 pabrik di seluruh dunia dan lebih dari 26.000 karyawan.

Tak hanya di bisnis otomotif, Shahid Khan mengembangkan bisnis ke sektor olahraga. pada 2010, dirinya ingin memiliki tim National Football League (NFL). Akhirnya, dia membuat kesepakatan untuk mengakuisisi 60% St Louis Rams. namun, pemegang saham minoritas Stan Kroenke membatalkan perjanjian tersebut karena terbentur oleh klausul.

Meski demikian, Shahid Khan kemudian membeli Jacksonville Jaguar, salah satu tim American Football pada tahun 2011.

Selain itu, Shahid Khan juga diketahui membeli klub sepak bola Liga Inggris, Fulham pada tahun 2013.

Shahid Khan dan putranya bernama Tony membuat All Elite Wrestling, sebuah perusahaan hiburan gulat profesional dan pesaing WWE pada 2019.

Shahid Khan juga diketahui pendukung keuangan utama Black News Channel, saluran berita 24 jam yang diluncurkan pada Februari 2020

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *