Kabar Gembira Bagi Penderita Gula Darah Tinggi, Berikut 4 Obat Alami Diabetes Tipe 2

4 Obat Alami Diabetes Tipe 2
Pare
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Penderita diabetes tipe 2 harus minum obat agar gula darahnya tetap stabil. Selain ke dokter, penderita diabetes tipe 2 juga dapat menggunakan pengobatan herbal/alami.

Obat diabetes alami mudah ditemukan. Hal ini dikarenakan obat alami untuk penyakit diabetes ini berasal dari bahan-bahan herbal yang telah digunakan di dapur.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Perlu diketahui, nilai normal gula darah puasa/tidak puasa (GDS) adalah di bawah 200 mg/dL. Kemudian kadar gula darah puasa (BIP) yang normal adalah di bawah 126 mg/dl.

Jika gula darah melebihi nilai atas, itu berarti Anda rentan terhadap diabetes. Karena itu, penting untuk minum obat segera setelah kadar gula darah tinggi.

Dilansir dari Kompas.com. diabetes terdiri dari beberapa jenis yang memiliki penyebab spesifik berbeda, yaitu:

  • Diabetes tipe 1: penyakit autoimun. Sistem imun menyerang dan menghancurkan sel-sel di pankreas, tempat insulin dibuat.
  • Diabetes tipe 2: terjadi ketika tubuh Anda menjadi resisten terhadap insulin dan gula menumpuk di dalam darah Anda.
  • Gestational: gula darah tinggi selama kehamilan. Hormon penghambat insulin yang diproduksi oleh plasenta menyebabkan jenis diabetes ini.

Nah, yang banyak terjadi di Indonesia adalah orang menderita diabetes tipe 2. Berikut obat alami untuk mengatasi diabetes tipe 2.

1. Pare

Obat alami diabetes tipe 2 yang kedua adalah pare. Pare yang memiliki nama ilmiah Momordica charantia, sudah berabad-abad dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional di China dan India.

Pare mampu membantu Anda mengelola diabetes. Dalam studi pada 2020, 90 peserta mengambil ekstrak pare atau plasebo. Mereka yang mengambil ekstrak pare memiliki kadar glukosa darah puasa yang lebih rendah setelah 12 minggu mengkonsumsinya.

Ulasan studi lainnya mencatat bahwa orang yang telah mengkonsumsi pare dalam berbagai bentuk untuk membantu mengobati diabetes, sering kali hasilnya positif. Mengkonsumsi pare dalam bentuk berikut dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah pada beberapa orang: Biji, Masakan pare, Jus, Suplemen

2. Gymnema

Obat alami diabetes tipe 2 yang ketiga adalah Gymnema. Gymnema atau lengkapnya Gymnema sylvestre adalah tanaman rambat mirip sirih yang berasal dari India yang dapat menjadi obat alami untuk mengatasi diabetes.

Tanaman ini dijuluki “penghancur gula” dan banyak dimanfaatkan dalam pengobatan Ayurdeva. Satu ulasan pada 2019 dari studi pada hewan pengerat tentang diabetes menunjukkan bahwa Gymnema memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Menurunkan kadar glukosa darah
  • Meningkatkan antioksidan
  • Mengurangi stres
  • Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida
  • Menurunkan berat badan dan menghambat akumulasi lemak
  • Meningkatkan produksi insulin
  • Menurunkan risiko peradangan

Satu studi manusia menemukan mereka yang mengonsumsi mint yang mengandung gymnema melaporkan keinginan yang lebih rendah untuk makanan manis seperti cokelat. Jadi, mengkonsumsi Gymnema dapat membantu penderita diabetes mengurangi asupan gula.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar