Sinergi Kemenag dan IPHI, Kakankemenag Tekankan 3 Fungsi Strategis

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Batu, Hajinews.id – Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) memiliki peran strategis dalam pembinaan dan pemberdayaan umat, baik pada masa lalu, masa kini, maupun pada masa yang akan datang. IPHI juga ikut berpartisipasi aktif dalam membangun umat muslim baik lewat kegiatan sosial, pendidikan, maupun ekonomi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batu Machsun Zain menekankan tiga fungsi strategis IPHI. Pertama, sebagai wahana penghimpun potensi para haji Indonesia, penyerap dan penyalur aspirasi umat. Kedua, sebagai organisasi kemasyarakatan yang turut serta menyukseskan program pembangunan bangsa. Ketiga, sebagai sarana untuk mempererat ukhuwah Islamiyah sesama umat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hal tersebut mendesak dilakukan mengingat persoalan yang dihadapi oleh umat Islam dewasa ini adalah kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan. Oleh karena itu, IPHI yang mayoritas pengurus dan anggotanya dari kalangan menengah ke atas, serta memiliki kepedulian sosial tinggi, perlu turut andil mengambil peran.

Lebih lanjut Kakankemenag memaparkan Kemenag dan IPHI selalu bersinergi baik. Sinergitas dan kolaborasi ini terutama dalam memberdayakan para haji untuk menjadi haji mabrur, menjadi teladan, panutan serta pilar peningkatan kualitas umat dan bangsa Indonesia.

“Selama ini Kemenag dan IPHI selalu bersinergi baik dalam memberdayakan para haji dalam melestarikan kemabruran hajinya menjadi teladan, panutan dan pilar peningkatan kualitas umat dan bangsa Indonesia,” jelas Machsun dalam sambutannya saat Halal Bi Halal dan Silaturrahim dengan IPHI, Minggu pagi (14/5).

Selain itu dalam upaya meningkatkan kemampuan calon haji sebelum berangkat ke tanah suci IPHI dan Kemenag harus selalu berkoordinasi dalam kegiatan manasik haji baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten/kota. Manasik haji berfokus pada pemahaman calon haji ihwal pelaksanaan ibadah haji yang bersifat teori dan praktik, baik sebelum pemberangkatan haji (prahaji), ketika di tanah suci, maupun saat kembali ke tanah air (pasca haji).

“Untuk itu secara organisasi IPHI harus mewujudkan lembaga yang mempunyai integritas tinggi, profesionalitas secara keorganisasian, inovasi, tanggungjawab dan keteladanan bagi umat muslim,” pungkas Kakankemenag di Gedung Persaudaraan Haji IPHI. (din)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *