Kultum 107: Hanya Islam Agama yang Sempurna

Hanya Islam Agama yang Sempurna
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Pembaca yang dirahmati Allah,

Hajinews.id – Sebagai salah satu agama yang tersebar di seluruh dunia, saat ini Islam merupakan agama terbesar kedua. Bagi umat Islam, Islam juga sebagai satu-satunya agama yang diridhai Allah Sbhanahu wata’ala. Sebagai umat Muslim, kita harus bersyukur karena tinggal di Negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Jika kita simak melalui berbagai media, kita bisa tahu bahwa agama Islam terus berkembang dan semakin bisa diterima oleh banyak orang di berbagai belahan bumi. Itu semua adalah berkat perjuangan para Nabi dan ulama-ulama Islam sebagai penerus perjuangan tersebut. Jika kita perhatikan, Islam juga berbeda dengan agama lain yang mengambil nama agama dari nama pendiri atau nama tempat penyebarannya.

Kata ‘Islam’ merupakan istilah yang merujuk kepada sikap dan sifat pemeluknya terhadap Allah Subhanahu wata’ala. Jadi nama ‘Islam’ tidak lahir sebagai seseorang atau sekelompok masyarakat, tetapi langsung berasal dari Allah Sang Maha Pencipta. Kata ‘Islam’ itu sendiri berasal dari kata dari kata “aslama”, “yuslimu”, “islaaman” yang berarti tunduk, patuh, dan selamat. Dengan demikain, Islam berarti kepasrahan atau ketundukan secara total kepada ajaran-ajaran Allah Subhanahu wata’ala.

Sebagai seorang Muslim, kita haruslah selalu berusaha untuk menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Berbagai ibadah yang merupakan perintah Allah kita lakukan, meski masih belum sempurna. Sebagai Muslim, pernahkah kita memikirkan dan merenungkan tentang makna Islam selama kita menjadi seorang Muslim?

Hal ini tentu penting bagi kita, sebagai seorang Muslim. Dengan mengetahui dan memahami makna agama Islam, kita akan semakin mengerti bagaimana seharusnya menjadi seorang Muslim yang benar.

Di dalam bahasa Arab, kata ‘Islam’ mempunyai arti taat, tunduk, patuh, berserah diri kepada Allah. Sedangkan jika dilihat dari asal katanya, Islam berasal dari kata assalmu, aslama, istaslama, saliim, dan salaam. Assalmu artinya damai, perdamaian. Maksudnya, Islam adalah agama yang damai dan setiap muslim hendaknya menjaga perdamaian.

Sedangkan, aslama artinya taat atau berserah diri. Maksudnya seorang muslim hendaknya berserah diri kepada Allah dan mengikuti ajaran Islam dengan taat. Saliim artinya bersih dan suci. Maksud dari kata ini merupakan gambaran dari hati seorang muslim yang bersih, suci, jauh dari sifat syirik atau menyekutukan Allah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *