Kultum 140: Jangan Terlalu Bersedih atas Musibah

Jangan Terlalu Bersedih atas Musibah
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Bahkan senada dengan ayat tersebut, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, وَأَنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَّبْرِ  “Sesungguhnya pertolongan (Allah) akan datang bersama kesabaran” (HR. Ahmad). Para ulama mengatakan, jalan keluar begitu dekat bagi orang yang bertakwa. Pertolongan mudah datang jika seseorang bersabar. Menurut mereka, kita tidak perlu bersedih. Kita harus menjaga hati, lisan, dan anggota badan dari berkeluh kesah.

Kita harus ridho dengan takdir ilahi. Selanjutnya, kita harus menjadikan ‘sabar’ sebagai bekal dan jalan meraih pertolongan Allah. Musibah akan semakin mendewasakan diri kita. Musibah juga akan semakin meninggikan derajat orang beriman di sisi Allah, karena musibah adalah untuk menguji iman seseorang mukmin.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebagian ulama bahkan menuliskan kata-kata mutiara yang berhubungan dengan “musibah dan sabar”. Mereka menulis, “Semoga Allah membuat badai cepat berlalu, semoga Allah membuat diri menjadi orang yang bersabar, semoga Allah membalas orang yang bersabar dengan surga”.

Ada satu hal yang sangat penting untuk kita perhatikan dalam hal “kesulitan, sabar, dan kemudahan” sebagaimana kita bahas di atas. Di dalam surat Asy-Syarh (lapang atau kelapangan) ini, Allah mengulang janji-Nya dua kali. Allah berfirman, فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۙ “Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan (QS. Al-Insyirah, ayat 5). Kemudian diulang dan berfirman, اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۗ “Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan (QS. Al-Insyirah, ayat 6).

Kita semua sudah paham, bahwa Allah tidak pernah dan tidak akan pernah ingkar janji-Nya. Sudah begitu, janji itu diulang atau ditegaskan lagi dalam surah yang sama. Lantas, appakah pantas kita masih meragukan bahwa ketika kita ditimpa musibah Allah akan memberi jalan keluar dari arah yang tidak kita sangka? Percayalah, Allah akan memberikan kemudahan dan jalan keluar. Kita hanya perlu bersabar, wallahu a’lam.

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh

—ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *