Kisah Abu Nawas: Pindahkan Istana Raja ke Atas Gunung, Bagaimana Caranya?

Pindahkan Istana Raja ke Atas Gunung
Pindahkan Istana Raja ke Atas Gunung. Foto: pixabay
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Dikisahkan raja baru saja membaca buku tentang kehebatan Raja Sulaiman yang mampu memerintahkan rakyat untuk memindahkan singgasana Ratu Bilqis ke dekat istananya.

Tiba-tiba dia merasakan ketertarikan, jantungnya berdebar kencang, untuk melakukan hal yang sama. Tiba-tiba dia ingin istananya dipindahkan ke gunung agar dia bisa lebih leluasa menikmati pemandangan di sekitarnya. Dan bukankah itu tidak mungkin karena di negaranya ada Abu Naws yang sangat cerdik

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tanpa membuang waktu Abu Nawas segera dipanggil untuk menghadap Baginda Raja Harun Al Rasyid. Setelah Abu Nawas dihadapkan raja memerintahkan Abu Nawas untuk memindahkan istananya ke atas gunung.

Abu Nawas tidak langsung menjawab. Ia berpikir sejenak hingga keningnya berkerut. Tidak mungkin menolak perintah Baginda kecuali kalau memang ingin dihukum.

Akhirnya Abu Nawas terpaksa menyanggupi proyek raksasa itu. Ada satu lagi, permintaan dari Baginda, pekerjaan itu harus diselesaikan hanya dalam waktu sebulan, Abu Nawas pulang dengan hati masygul.

Abu Nawas Meminta 1 Permohonan

Setiap malam Abu Nawas hanya berteman dengan rembulan dan bintang-bintang. Hari-hari dilewatinya dengan kegundahan. Tak ada hari yang lebih berat dalam hidup Abu Nawas kecuali hari-hari ini. Tetapi pada hari kesembilan ia tidak lagi merasa gundah gulana.

Keesokan harinya Abu Nawas menuju istana. Ia menghadap Baginda untuk membahas pemindahan istana. Dengan senang hati Baginda akan mendengarkan, apa yang diinginkan Abu Nawas.  “Ampun Tuanku, hamba datang ke sini hanya untuk mengajukan usul untuk memperlancar pekerjaan hamba nanti,” kata Abu Nawas.

“Apa usul itu?” tanya Baginda. “Hamba akan memindahkan istana paduka yang mulia tepat pada Hari Raya Idul Qurban yang kebetulan hanya kurang dua puluh hari lagi,” kata Abu Nawas.

“Kalau hanya itu usulmu, baiklah,” kata Baginda

“Satu lagi Baginda,” Abu Nawas menambahkan.

“Apa lagi?” tanya Baginda.

“Hamba mohon Baginda menyembelih sepuluh ekor sapi yang gemuk untuk dibagikan langsung kepada para fakir miskin.” kata Abu Nawas.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *