Diberhentikan dari Wamenag, Zainut Tauhid Unggah Pesan Haru di Instagram

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Presiden Jokowi melantik satu menteri dan lima wakil menteri di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7/2023) pagi. Satu diantara lima wakil menteri yang dilantik itu adalah Saiful Rahmat Dasuki.

Ketua DPW PPP DKI Jakarta ini menggantikan Zainut Tauhid Sa’adi sebagai Wakil Menteri Agama atau Wamenag.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pelantikan Saiful sebagai Wamenag tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 32 M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Pergantian Wamenag ini di luar perkiraan banyak kalangan sebab baru diketahui saat pelantikan tadi pagi. Namun Presiden Jokowi mengatakan pergantian Wamenag asal permintaan PPP.

“Permintaan partai,” kata Jokowo di Istana Negara, usai pelantikan, Senin (17/7/2023).

Seperti diketahui, Zainut Tauhid Sa’adi adalah politikus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Dan penggantinya adalah Saiful Rahmat Dasuki juga dari PPP.

Komentar Haru di Istagram

Sehari sebelum Jokowi mengumumkan pergantian dirinya, Zainut mengunggah video dan kutipan di akun Instagramnya (IG).

Dalam video yang dibagikan, Zainut mengunggah kedekatannya dengan seorang bocah kecil yang memakaikan peci ke kepalanya.

Lalu ada kutipan mengharukan yang berbunyi, “Yakinlah hidup memang penuh rintangan, kesedihan, dan ujian. Tanpa semua itu, kamu tak akan pernah merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya. Jangan berkeluh kesah, apa pun yang hilang darimu, kembali juga padamu dalam wujud yang lain” (Maulana Jalaluddin ar-Rumi)’” kata Zainut dilihat di akun IG, Senin (17/7/2023) dikutip dari Kompas.TV.

Tidak lagi menjabat Wamenag, Zainut yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini akan menjadi caleg DPR pada Pemilu 2024.

Zainut pernah menjabat empat periode menjadi Anggota DPR RI periode 1997–1999, 2004–2009, 2009–2014, 2014–2019 mewakili daerah pemilihan Jawa Tengah IX.

Di 2014-2019, Zainut bertugas di Komisi IV yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan dan pangan.

Penjelasan PPP

Juru Bicara PPP Achmad Baidowi atau Awiek menyampaikan harapan agar Saiful tidak melupakan keterikatannya dengan PPP, meski kini ia sudah menduduki jabatan pemerintahan yang lebih tinggi.

“Karena beliau mengisi slot PPP, maka harapannya tetap ingat ke PPP,” ujar Awiek dilansir dari laman Kompas.com.

Penunjukan ini, menurut Awiek, sepenuhnya merupakan hak prerogatif dari Presiden sesuai dengan konstitusi.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Menteri Agama, Saiful adalah Ketua DPW PPP dki jakarta untuk periode 2021-2026, sebuah posisi yang dia dapatkan dari Musyawarah Wilayah pada Mei 2021.

Dia juga telah memimpin sebagai Ketua DPC PPP Jakarta Selatan.

Namun karir politiknya bukan hanya terbatas pada PPP. Saiful juga sempat menjabat jadi Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Jakarta dan Ketua Pengurus Pusat GP Ansor.

Beberapa jam sebelum pelantikan berlangsung Akun ansor.jakarta telah menyampaikan ucapan selamat kepada Saiful atas jabatannya yang baru sebagai Wakil Menteri Agama RI untuk periode 2023-2024.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *