Semua Doa Tidak Selalu Dikabulkan Oleh Allah SWT, Mengapa?

Doa Tidak Selalu Dikabulkan Oleh Allah SWT
Doa Tidak Selalu Dikabulkan Oleh Allah SWT
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idBerdoa kepada Allah SWT merupakan usaha yang bisa dilakukan umat Islam. Lalu mengapa tidak semua doa selalu dijawab oleh Allah SWT? Allah SWT menjelaskan melalui firman-Nya dalam surah Ar Ra’d ayat 14,

لَهٗ دَعْوَةُ الْحَقِّۗ وَالَّذِيْنَ يَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِهٖ لَا يَسْتَجِيْبُوْنَ لَهُمْ بِشَيْءٍ اِلَّا كَبَاسِطِ كَفَّيْهِ اِلَى الْمَاۤءِ لِيَبْلُغَ فَاهُ وَمَا هُوَ بِبَالِغِهٖۗ وَمَا دُعَاۤءُ الْكٰفِرِيْنَ اِلَّا فِيْ ضَلٰلٍ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Artinya: “Hanya bagi Allahlah seruan yang hak. (Sesembahan) yang mereka seru selain Dia, tidak dapat mengabulkan apa pun bagi mereka, kecuali seperti orang yang membukakan kedua telapak tangannya ke dalam air agar (air) sampai ke mulutnya, padahal (air) itu tidak akan sampai ke mulutnya. Tidaklah seruan orang-orang kafir itu kecuali dalam kesia-siaan.”

Dalam catatan kaki Quran Kemenag, dijelaskan bahwa, “seruan yang hak,” dalam terjemahan di atas ditafsirkan oleh para ulama sebagai pengakuan atas kandungan kalimat lā ilāha illallāh dan juga ditafsirkan sebagai beribadah dan berdoa.

Allah SWT juga memerintahkan hamba-Nya untuk berdoa kepada-Nya. Perintah untuk berdoa, salah satunya termaktub dalam surah Al Baqarah ayat 186.

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ ١٨٦

Artinya: “Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Rasulullah SAW dalam haditsnya juga pernah mengatakan bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa dari setiap muslim. Hal ini dijelaskan oleh Imam an-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar. Dalam salah satu riwayat dari Ubbadah bin Ash-Shamit dalam Sunan At-Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda,

“Tidak ada seorang muslim pun di dunia ini yang berdoa kepada Allah dengan suatu permohonan, kecuali Allah akan memberikan permohonan itu atau menggantinya dengan perlindungan dari sesuatu yang tidak diinginkan, selama dia tidak berdoa dengan dosa atau memutuskan hubungan silaturahmi.” Seorang pria bertanya, “Apakah artinya kita harus semakin banyak berdoa?” Rasulullah SAW menjawab, “Allah justru lebih banyak memberi.” (HR Tirmidzi dan dinyatakan sebagai hadits hasan)

Lantas, kenapa masih ada doa yang dipanjatkan namun tidak terkabul?

Tidak Semua Doa Selalu Dikabulkan Allah SWT

Fahruddin Ghozy dalam bukunya Rahasia agar Doa Selalu Dikabulkan Allah pernah menyebutkan salah satu penyebab tidak terkabulnya doa. Jika doa yang telah lama dimohonkan belum terkabul maka ada kemungkinan ada ketidakpatuhan dalam diri manusia.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *