Ketika Fatimah Meminta Pembantu Kepada Rasulullah SAW, Bagaimana Responsnya?

Fatimah Meminta Pembantu Kepada Rasulullah SAW
ilustrasi: Fatimah Az-zahra
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



“Ketika para pembantu datang, aku menyuruhnya untuk mendatangimu dan meminta pembantu yang akan membantu pekerjaannya dan menjaganya dari beratnya pekerjaan yang dilakukannya.”

Sebaliknya, Rasulullah SAW justru memberi solusi dari kelelahan Fatimah RA setelah melakukan pekerjaan, terutama pekerjaan rumah yang melelahkan seharian. Dikutip dari Husnul bima Tsabala min Allah wa Rasulibi fin Niswab karya Muhammad Shidiq Hasan Khan, Rasulullah SAW menganjurkan Fatimah RA untuk membaca tasbih 33 kali, tahmid 33 kali, dan takbir 34 kali sebelum tidur sebagai obat lelah ketika ditimpa pekerjaan yang banyak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Keterangan ini bersumber dari salah satu hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu A’bud. Diterjemahkan oleh Muhammad Arifin dalam buku Ensiklopedia Hadits Sahih Kumpulan Hadis tentang Wanita, berikut bunyi haditsnya,

فَقَالَ : اتَّقِى اللَّهَ يَا فَاطِمَةً ، وَأَدِّي فَرِيضَةَ رَبِّكَ ، وَاعْمَلَي عَمَل أَهْلكَ ، فَإِذَا أَخَذْت مَضْحَعَكَ : فَسَبِّحى ثَلاثًا وَثَلاثِينَ ، وَاحْمَدَي ثَلَاثًا وَثَلاثِينَ، وَكَبْرِي أَرْبَعًا وَثَلاثِينَ ، فَتِلْكَ مِائَةٌ فَهِيَ خَيْرٌ لَكَ مِنْ خَادِم. قَالَتْ : رَضِيتُ عَنِ اللهِ عَزَّ وَجَلٌ وَعَنْ رَسُولِهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم. أخرجه الخمسة إلا (النسائي)

Artinya: Mendengar itu, Rasulullah SAW berkata, “Bertakwalah kepada Allah, Fatimah. Tunaikanlah kewajiban Tuhanmu dan laksanakanlah pekerjaan keluargamu. Jika engkau hendak berangkat ke pembaringan, berdoalah dengan membaca tasbih sebanyak 33 kali, tahmid 33 kali, dan takbir 34 kali. Semuanya berjumlah 100. Itu semua lebih baik bagimu daripada pembantu rumah tangga.’ Fatimah berkata, Aku rela (rida) atas apa yang berasal dari Allah dan Rasul-Nya.’ Fatimah tidak dibantu oleh pembantu.” (HR Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Sejak saat itu, Ali bin Abi Thalib dan Fatimah RA tidak pernah meninggalkan sunnah yang diberikan oleh Rasulullah SAW tersebut.

banner 800x800