Hasil Penelitian: Ini Efek Konsumsi Madu Terhadap Gula Darah

Efek Konsumsi Madu
Madu
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Madu merupakan cairan manis yang dihasilkan lebah dari nektar tumbuhan.

Produk madu tersedia dalam berbagai bentuk dan sering digunakan sebagai bahan makanan atau minuman.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Madu diketahui memiliki sejumlah manfaat kesehatan potensial, karena kaya nutrisi dan antioksidan, memiliki sifat antibakteri, dan berperan dalam pengelolaan diabetes sebagai bagian dari pola makan seimbang.

Menurut situs Verywell Health, madu dalam bentuk murni dan belum diolah kaya akan antioksidan dan tumbuhan lainnya.

Kandungan ini dikatakan dapat membantu menstabilkan gula darah dan melindungi terhadap penyakit jantung.

Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa mengonsumsi madu dalam jumlah sedang sebenarnya memiliki beberapa manfaat bagi penderita diabetes.

Efek madu terhadap gula darah

Dilansir dari laman Healthline, mengonsumsi madu ebih baik untuk kadar gula darah dibandingkan dengan mengonsumsi gula biasa.

Meskipun madu meningkatkan kadar gula darah seperti jenis gula lainnya, antioksidan yang dikandungnya dapat membantu melindungi terhadap sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

Para peneliti telah menemukan bahwa madu dapat meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang mengurangi peradangan dan meningkatkan regulasi gula darah.

Ada juga bukti bahwa asupan madu setiap hari dapat meningkatkan kadar gula darah puasa pada penderita diabetes tipe 2.

Namun, meski madu cenderung lebih baik daripada gula rafinasi, khususnya bagi penderita diabetes, masyarakat tetap harus mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

Penting juga untuk diketahui bahwa, pastikan mengonsumsi madu asli. Sebab, beberapa produsen mengencerkan madu dengan sirup biasa.

Sejalan denga itu, dilansir dari laman Medical News Today, sebuah studi menemukan bahwa madu, tidak seperti pemanis lainnya, memiliki potensi baik untuk kesehatan kardiometabolik.

Dalam sebuah studi baru dari para peneliti di University of Toronto, bagi orang yang menjalani pola makan sehat tidak lebih dari 10 persen kalori hariannya berasal dari gula, madu justru memberikan manfaat kardiometabolik.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar