Surat Penyejuk Hati Dalam Al-Qur’an: Mari Kita Amalkan Secara Rutin Agar Terhindar Dari Kesusahan

Surat Penyejuk Hati Dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Surat penyejuk hati dalam Al-Qur’an penting untuk diamalkan umat Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Az Zuhayli dalam Ensiklopedia Akhlak Islam, Al-Qur’an adalah sumber kebaikan dan kebahagiaan. Al-Qur’an adalah pedoman untuk mencapai keselamatan dan penyelamatan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Al-Qur’an lebih disukai sebagai penawar atau obat bagi umat. Dalam Al-Qur’an dan tafsirnya yang diterbitkan Kementerian Agama disebutkan bahwa Allah menurunkan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. sebagai obat penyakit hati, yaitu kesyirikan, kekafiran dan kemunafikan. Hal ini disebutkan dalam firman Allah dalam surat Isra ayat 82.

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا

Latin:Wa nunazzilu minal-qur’āni mā huwa syifā’uw wa raḥmatul lil-mu’minīn(a), wa lā yazīduẓ-ẓālimīna illā khasārā(n).

Artinya: Kami turunkan dari Al-Qur’an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang mukmin, sedangkan bagi orang-orang zalim (Al-Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian. (QS. Al Isra: 82).

Dari ayat tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa orang yang rutin membaca Al-Qur’an akan  mendapatkan ridha dan rahmat dari Allah Swt. Rahmat itu akan semakin bertambah seiring bacaan yang ia baca dan pengamalannya. Orang yang memiliki perhatian besar terhadap al-Qur’an akan menjadi orang-orang terbaik di sisi Allah Swt. danmendapatkan tempat terhormat di sisi-Nya.

Dari seratusan surat dan ribuan ayat dalam Al-Qur’an, ada beberapa surat yang bisa dibaca rutin sebagai penenang hati dan pikir.

Surat Penenang Hati Dalam Al-Qur’an

1. Surat Yasin

Surat Yasin merupakan kalbunya Al-Qur’an. Orang yang membaca Surat Yasin setiap hari baik itu setelah subuh, siang, sore maupun malam hari akan mendapat ketenangan dan kebahagiaan serta pahala dengan seperti ganjaran membaca Al-Qur’an 10 kali.

Sebagian ulama yang mengatakan bahwa di antara manfaat Surat Yasin ialah tidak sekali-kali ia dibaca dalam suatu urusan yang sulit, melainkan Allah akan memudahkannya.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya juga menjelaskan:

وَلِهَذَا قَالَ بَعْضُ الْعُلَمَاءِ: مِنْ خَصَائِصِ هَذِهِ السُّورَةِ: أَنَّهَا لَا تُقْرَأُ عِنْدَ أَمْرٍ عَسِيرٍ إِلَّا يَسَّرَهُ اللَّهُ. وَكَأَنَّ قِرَاءَتَهَا عِنْدَ الْمَيِّتِ لِتُنْزِلَ الرَّحْمَةَ وَالْبَرَكَةَ، وَلِيَسْهُلَ عَلَيْهِ خُرُوجُ الرُّوحِ، وَاللَّهُ أَعْلَمُ.

Sebagian ulama berkata: “Di antara keistimewaan surat ini (surat Yasin), sesungguhnya tidaklah surat Yasin dibacakan pada suatu perkara suit, melainkan Allah Swt memudahkannya. Seakan-akan dibacakannya surat Yasin di sisi mayat agar turun rahmat dan berkah dan memudahkan baginya keluarnya ruh.
Orang yang membaca Surat Yasin secara rutin juga manfaatnya akan mendapatkan kebahagiaan sepanjang hari.

وَعن يحيى بن كثير قال : “بَلَغَنَا أَنهُ مَنْ قَرَأَ يس حيْنَ يُصْبحُ لَمْ يَزَلْ فيْ فَرَح حتَى يُمْسيَ وَمَنْ قَرَأَهَا حيْنَ يُمْسي لَمْ يَزَلْ في فَرَح حَتَى يُصْبحَ”

Artinya: Diriwayatkan dari Yahya Ibn Katsir dia berkata “Telah sampai padaku sebuah sabda Rasul bahwa sesungguhnya barang siapa yang membaca surat Yasin pada waktu pagi, maka ia senantiasa memperoleh kegembiraan sampai sore, dan jika ia membacanya di sore hari maka ia senantiasa dapat gembira sampai pagi.

2. Surat Ar Rahman

Surat Ar Rahman yang terdiri dari 78 ayat tergolong dalam surat Makkiyah. Surat ini dianggap sebagai surat yang dapat menenangkan hati karena membuat manusia lebih meyakini nikmat Allah yang diberikan tanpa batas.

Dalam surat tersebut, Allah mengulang ayat ‘fabiayyi ‘aalaa’i rabbikumaa tukadzdzibaan’, yang artinya ‘Nikmat Tuhanmu manakah yang kau dustakan?’ sebanyak 31 kali. Hal ini semakin membuat seseorang yang membacanya dekat dengan Allah di segala situasi, termasuk situasi yang buruk.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *