Erdogan Mengkritik Dewan Keamanan PBB dan Menyebutnya Sebagai “Dewan Perlindungan Israel”

Dewan Perlindungan Israel
Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan mengkritik Dewan Keamanan PBB setelah Amerika memveto resolusi gencatan senjata di Gaza, dan menggambarkan badan internasional ini sebagai “Dewan perlindungan Israel”.

“Sejak 7 Oktober, dewan keamanan telah menjadi dewan perlindungan dan pertahanan Israel,” kata Erdogan, dikutip AFP, pada hari Sabtu (9/12).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Amerika Serikat pada hari Jumat memveto resolusi Dewan Keamanan yang menyerukan gencatan senjata segera dalam pertempuran sengit antara Israel dan Hamas di Gaza.

Dengan demikian, Washington menghentikan tuntutan yang semakin besar untuk menghentikan pertempuran yang dipimpin Sekjen PBB Antonio Guterres dan negara-negara Arab.

“Apakah ini keadilan?” tanya Erdogan, seraya menambahkan bahwa “dunia ini lebih besar dari lima,” mengacu pada lima negara pemegang hak veto di Dewan Keamanan PBB.

“Dunia lain mungkin terjadi, tapi tanpa Amerika,” kata pemimpin Turki itu.

“Amerika Serikat mendukung Israel dengan uang dan peralatan militernya. Hei, Amerika! Berapa banyak yang akan Anda bayar untuk itu?” dia menambahkan.

“Setiap hari Deklarasi Hak Asasi Manusia dilanggar di Gaza”, katanya, saat dunia akhir pekan ini merayakan peringatan 75 tahun deklarasi tersebut.

Resolusi PBB untuk gencatan senjata diajukan lebih dari dua bulan setelah dimulainya perang di Gaza yang dipicu oleh serangan berdarah Hamas di tanah Israel pada 7 Oktober, yang menurut otoritas Israel, menewaskan 1.200 orang.

Sejak itu Hamas menyebutkan jumlah korban tewas di Gaza sebanyak 17.490 orang, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak.

Sumber: gatra

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *