Kisah Abu Nawas: Melawan Para Penipu dan Menjual Tongkat Jelek Hingga 100 Dinar

Kisah Abu Nawas: Melawan Para Penipu dan Menjual Tongkat Jelek Hingga 100 Dinar
Kisah Abu Nawas: Melawan Para Penipu dan Menjual Tongkat Jelek Hingga 100 Dinar
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Abu Nawas tiba-tiba dihadang empat penipu. Saat itu, ia ingin menjual keledai tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya. Abu nawas pergi ke pasar atas desakan istrinya.

Empat penipu sedang mencari cara untuk menipu Abu Nawas. Mereka sepakat untuk menipu Abu nawas bahwa dia membawa seekor kambing dan bukan keledai.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tiga penipu pertama berusaha mengelabui Abu nawas bahwa yang dibawanya adalah seekor kambing, padahal Abu nawas bersikeras bahwa yang dibawanya adalah seekor keledai.

Tibalah penipu keempat untuk menyelesaikan misi terakhir. “Bagus sekali kambingmu ini,” pencuri keempat membuka percakapan, dihimpun dari nu.or.id.

“Kamu juga yakin ini kambing?” tanya Abu Nawas.

“Lho? Ya jelas sekali kalau hewan ini kambing. Kalau boleh aku ingin membelinya.”

“Berapa kau mau membayarnya?”

“Lima dirham!” Abu Nawas setuju.

Sepulang ke rumah sang istri ngomel. Karena keledainya hanya dihargai 5 dirham yang seharusnya bisa mencapai 50 dirham.

Daripada diomeli istri terus-terusan, Abu Nawas pergi ke hutan untuk mencari kayu yang ingin dia jadikan tongkat dan menghasilkan uang. Rencana berhasil, semua orang membicarakan kehebatan tongkat Abu Nawas.

Kabar tersebut sampai ke para penipu. Mereka menginginkan tongkat Abu Nawas yang ajaib itu. Para penipu melihat sendiri bagaimana Abu Nawas mengacungkan tongkat di depan warung dan toko tanpa harus membayar.

Keempat penipu itu tertarik ingin membeli tongkat Abu Nawas dengan harga tinggi, tetapi awalnya Abu Nawas hanya cuek dan tidak mau menjual.

Singkat cerita, para penipu menghargai tongkat itu seharga 100 dinar emas dan Abu Nawas akhirnya menyerahkan tongkat tersebut ke empat orang yang menipunya.

Seketika itu, para penipu menjajal kesaktian tongkat seharga 100 dinar emas tersebut ke sebuah warung. Setelah makan, salah seorang penipu mengacungkan tongkat.

Si pemilik warung bingung. “Kenapa kalian mengacungkat tongkat seperti itu?” kata pemilik warung.

“Bukankah Abu Nawas juga mengacungkan tongkat ini dan dibebaskan dari membayar?”

“Betul. Tapi Abu Nawas nitip uang kepadaku sebelum makan di sini!”

“Ampun! Ternyata kita tidak untung menipu Abu Nawas. Malah rugi besar!” ucap para penipu yang kena tipu balik oleh Abu Nawas.

Wallahu a’lam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *