Kisah Abu Nawas: Menyebut Ulama Bodoh Bikin Keributan di Seluruh Negeri

Abu Nawas Menyebut Ulama Bodoh
ilustrasi: ulama bodoh yang di sebut abu nawas


banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idAbu Nawas yang sering datang ke tempat berbeda dan menyampaikan khotbah yang sama, melakukan kesalahan besar. Dalam khotbahnya, Abu Nawas selalu menyebut para ahli ilmu yaitu ulama, sebagai orang-orang bodoh.

Tentu saja dakwah Abu nawas dianggap melanggar ketertiban umum, karena ia mengkritik para ulama di dalamnya. Kemudian para ulama sepakat untuk mengadukan hal tersebut kepada raja. Mereka menuntut agar Abu Nawas diadili.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Maka diadakanlah pengadilan dan Abu Nawas sebagai terdakwanya. Di ruang sidang tersebut sudah berkumpul beberapa ulama Kota Baghdad, mereka menuntut supaya Abu Nawas dihukum.

“Hai Abu Nawas, benarkah engkau berkata kalau para ahli ilmu adalah orang bodoh?” tanya Baginda Raja seperti dikutip dari kanal YouTube Humor Sufi Official.

“Benar, Paduka yang mulia,” jawab Abu Nawas dengan singkat.

“Apa alasanmu berbuat demikian?” tanya Baginda Raja lagi.

“Sebelum menjawabnya, izinkan terlebih dahulu hamba meminta beberapa kertas dan pena, lalu bagikan kepada semua para ahli ilmu yang ada di ruang sidang ini,” pinta Abu Nawas.

Setelah masing-masing ulama mendapat kertas dan pena, Abu Nawas kemudian kembali berkata, “Aku meminta kepada kalian semua para ahli ilmu untuk menulis jawaban pada kertas atas pertanyaan yang akan aku ajukan.”

“Pertanyaannya adalah: Apa yang dimaksud dengan roti?” ucap Abu Nawas.

Mendengar pertanyaan remeh-temeh tersebut, salah satu dari ulama berkata, “Apa maksud pertanyaan itu wahai Abu Nawas? Ini tidak ada kaitannya dengan kasusmu.”

Abu Nawas membalas, “Silakan dijawab saja, nanti Anda akan tahu.”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *