Breaking News! Pemeliharaan Ka’bah Selesai, Pagar Penutup Dibuka Kembali 

Breaking News! Pemeliharaan Ka'bah Selesai, Pagar Penutup Dibuka Kembali 
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Perawatan berkala Ka’bah telah selesai dilakukan. Pagar yang mengelilingi Ka’bah hingga Hijr Ismail kini telah dibongkar.

Pembongkaran pagar penutup Ka’bah dilakukan usai salat Jumat (15 Desember 2023), dilansir media sosial X @insharifain di Makkah, Inside the Haramain (Haramain Sharifain).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Pemeliharaan berkala Ka’bah telah selesai dan akses untuk publik akan dipulihkan hari ini juga,” tulis Haramain dalam unggahannya seperti dikutip, Minggu (17/12/2023).

Dalam video yang turut dibagikan Haramain tampak petugas menggotong pagar penutup Ka’bah keluar dari area yang biasa digunakan untuk tawaf. Jemaah terlihat mengelilingi area Ka’bah di luar pagar pembatas yang sebelumnya terpasang.

Belum ada laporan resmi dari Kerajaan Arab Saudi terkait selesainya pemeliharaan Ka’bah ini.

Diberitakan sebelumnya, Kerajaan Arab Saudi melakukan pemeliharaan berkala Ka’bah mulai 9 Desember 2023 lalu. Petugas memasang pagar penutup Ka’bah di sekeliling konstruksi yang membuat jemaah tidak bisa menyentuh Ka’bah dan melihat atau mencium Hajar Aswad.

Penutupan Ka’bah untuk pemeliharaan ini turut dikonfirmasi Muttawif Umrah Ustaz Turmuzi. Ia juga membenarkan bahwa jemaah umrah tidak bisa menyentuh Ka’bah.

“Iya gak bisa (menyentuh Ka’bah),” kata Ustaz Turmuzi saat dihubungi detikHikmah, Senin (11/12/2023).

Tampak pagar tinggi berwarna putih dengan lis hijau mengelilingi Ka’bah. Meski demikian, jemaah masih bisa melakukan tawaf dan ibadah lainnya termasuk salat atau berdoa.

Pemeliharaan berkala Ka’bah dilakukan dalam rangka merawat dan memuliakan Ka’bah, menjamin kesuciannya, dan menjaga seluruh elemennya agar kondisinya tetap optimal. Pekerjaan ini berada di bawah pengawasan Departemen Manajemen Proyek Kementerian Keuangan Saudi dan berkoordinasi dengan lembaga pemerintah lainnya, lapor kantor berita Saudi, SPA.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *