Hikmah Siang: Dunia Adalah Permainan dan Sesuatu yang Melalaikan 

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Dunia ini hanyalah permainan dan sesuatu yang melalaikan. Ibarat dunia ini adalah sebuah permainan, maka Quran dan Sunnah adalah “rule of the game”-nya!

Lalu, apa yang perlu kita lakukan untuk menghadapi “permainan” ini? Ya, tentu dengan mengikuti “rule of the game”nya. Maka Insyaallah hidup akan lebih mudah untuk dijalani. Menunaikan ibadah pun akan terasa sangat mudah karena kita paham ilmunya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Allah Azza wa Jalla berfirman,

اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ

“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan”.
(QS. Al-Hadid: 20)

Dan firman Allah Ta’ala dalam ayat lainnya,

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآَبِ

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak  dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).”
(QS. Ali Imron: 14)

Karena akhirat adalah kehidupan seorang hamba yang sebenar-benarnya.

🎙️ Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin -1421H- rahimahullahu ta’ala berkata,

الحياة الحقيقية حياة الآخرة، والذي يعمل للآخرة يحيا حياة طيبة في الدنيا، فالمؤمن العامل للصالحات هو الذي كسب الحياتين: حياة الدنيا، وحياة الآخرة.

“Kehidupan yang sebenar-benarnya ialah kehidupan akhirat. Sehingga siapa saja yang beramal untuk akhiratnya; maka ia akan mendapat kehidupan yang baik pula di dunia. Dan seorang mukmin yang mengerjakan amal shalih, sejatinya berusaha untuk mendapat dua kehidupan, kehidupan (yang baik) dunia dan di akhirat.”

Semoga Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى menyelamatkan kita semua dari fitnah dunia ini. Aamiin Allaahumma Aamiinn 🍃

📲 @IslamAdalahSunnah​​​​​​​​​​​​​​​

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *