Warganet Bilang Prabowo Blunder Parah, Sebut ‘Gaza Lemah’ di Debat Ketiga Pilpres

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto dinilai melakukan blunder fatal dalam perhelatan debat ketiga Pilpres 2024, oleh KPU RI, di Istora Senayan, Jakarta, Ahad malam, 7 Januari 2024.

Kecerobohan paling fatal dari capres nomor urut 2 itu antara lain ketika ia menyebutkan bahwa bangsa Palestina yang ada di Gaza itu merupakan bangsa yang lemah, sehingga tertindas oleh militer Israel Penjajah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tema debat ketiga memang berkaitan dengan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Saat memaparkan visi misi di sesi pertama, Prabowo menjadikan kondisi Gaza sebagai pelajaran yang harus diwaspadai Indonesia.

Menurut Prabowo, penindasan di Gaza merupakan akibat dari lemahnya kekuatan militer bangsa Palestina.

“Kalau kita buku ilmu pengetahuan yang paling dasar, kekuatan nasional harus ada kekuatan militer,” ujar dia, dikutip Senin, 8 Januari 2024.

“Tanpa ada kekuatan militer, sejarah peradaban manusia mengajarkan bahwa bangsa itu akan dilindas seperti di Gaza sekarang ini, akan diambil kekayaannya, akan diusir dari tanah airnya, tidak bisa tidak, kita harus kuat,” kata Prabowo lagi.

Tak hanya sekali, Prabowo yang juga masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI itu kembali bicara soal Gaza saat menjawab pertanyaan panelis.

Ia menyinggung lagi Gaza lemah saat ditanyai tentang kiat menghindari intervensi kedaulatan Indonesia akibat utang yang terus bertambah. Menurutnya, utang luar negeri Indonesia salah satu yang terendah di dunia, dalam hal ratio perbandingan terhadap produk domestik bruto (PDB).

Prabowo kemudian menjelaskan soal hilirisasi yang dia yakini dapat memperkuat ekonomi Indonesia. Ia lantas menyinggung kekuatan pertahanan sebagai salah satu kunci dihormati negara lain. Saat itulah Gaza kembali diungkit.

“Pelajaran sejarah manusia, yang lemah akan selalu ditindas. Kita lihat saja apa yang terjadi di Gaza. Kita tidak boleh lemah, kita tidak boleh dilindas oleh bangsa lain,” kata Prabowo.

Sontak warganet berbondong-bondong menanggapi perkataan Prabowo. Menyebut Gaza sebagai bangsa lemah memantik kemarahan masyarakat Indonesia yang menyaksikan jalannya debat semalam. Bahkan, kata kunci ‘blunder’ sempat jadi trending topic Indonesia di ranah politik.

“Prabowo blunder sih, seolah mewajarkan Gaza akan selalu ditindas karena Gaza lemah,” kata @zak*** di X.

“Blunder terbesar debat malam ini adalah omongan “yg lemah akan selalu ditindas, kita lihat saja di Gaza”! Duh pak…kok tega ngasih contoh di Gaza,” ujar akun X lainnya, @Hilm***.

Warganet lainnya menilai bahwa Prabowo sangat keliru ketika menganggap Palestina adalah bangsa yang lemah. Sejatinya, fakta Palestina bertahan 73 tahun di atas penjajahan adalah salah satu bukti kekuatan bangsa tersebut.

“Blunder capres bodoh Prabowo malam ini mengatakan Gaza lemah makanya di tindas, dia tidak tau Bangsa Palestina itu bangsa kuat, mereka tak kabur dalam melawan penjajahan yang sudah puluhan tahun. Partai politik dan politik itu bisa membuat orang berwibawa menjadi BODOH,” kata @zr_iz***.

“Blunder kalo wowo bilang gaza lemah, justru pemimpin2 muslim dunia sekarang yg lemah tidak punya power menekan Israel bahkan melakukan kerja sama di bawah meja #DebatCapres,” timpa @kaesan***.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *