Negara-Negara Arab Bersatu! Segera Golkan Negara Palestina, Bakal Lakukan Ini

Negara-Negara Arab Bersatu
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idNegara-negara Arab sedang mengupayakan inisiatif untuk mengamankan gencatan senjata dan pembebasan sandera di Gaza sebagai bagian dari rencana yang lebih luas yang memungkinkan Israel menormalisasi hubungan dan pembentukan negara Palestina yang diakui dunia.

Seperti diberitakan Financial Times, Kamis (18/1/2024), seorang pejabat senior Arab mengatakan dia berharap bisa mengusulkan rencana yang dapat mencakup sumbangan dari Arab Saudi untuk meresmikan hubungan dengan Israel – sebagai bagian dari upaya mengakhiri perang Israel dan Hamas. Hindari konflik luas dan konflik di Timur Tengah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Para pejabat Arab telah mendiskusikan rencana tersebut dengan pemerintah Amerika Serikat dan Eropa. Hal ini mencakup negara-negara Barat yang setuju untuk secara resmi mengakui negara Palestina, atau mendukung Palestina untuk diberikan keanggotaan penuh di PBB.

“Masalah sebenarnya adalah kita membutuhkan harapan bagi rakyat Palestina, hal ini tidak bisa hanya berupa manfaat ekonomi atau penghapusan simbol-simbol pendudukan,” kata pejabat senior tersebut.

Inisiatif ini muncul ketika Israel menghadapi tekanan internasional yang makin besar untuk mengakhiri serangannya di Gaza yang terkepung, seiring dengan peningkatan upaya diplomatik AS untuk mencegah konflik yang lebih luas dan mendorong resolusi jangka panjang terhadap konflik Israel-Palestina yang berkepanjangan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Rabu menggambarkan perang di Gaza sebagai hal yang “menyedihkan”, dan menambahkan bahwa yang dibutuhkan adalah negara Palestina “yang memberikan apa yang diinginkan rakyatnya dan bekerja sama dengan Israel agar menjadi efektif”.

Ketika Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan ditanya apakah Riyadh akan mengakui Israel sebagai bagian dari perjanjian politik yang lebih luas, dia menjawab “pasti.”

“Kami setuju bahwa perdamaian regional mencakup perdamaian bagi Israel, namun hal itu hanya dapat terjadi melalui perdamaian bagi Palestina melalui negara Palestina,” katanya pada panel di Forum Ekonomi Dunia di Davos.

Pada Selasa, penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan mengatakan Washington tetap fokus untuk mencapai kesepakatan yang menyebabkan Arab Saudi menormalisasi hubungan dengan Israel sebagai bagian dari rencananya untuk era pascaperang.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar