Hikmah Pagi: Air Mata Bukti Keimanan

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



banner 678x960

banner 400x400

Gemetarnya hati seorang Muslim, merupakan bentuk rasa haru yang sangat luar biasa. Ia mendorong jatuhnya air mata seorang Muslim karena rasa takut kepada Allah. Dan tangisan itu bukanlah bentuk kelemahan, namun justru melembutkan hati. Ini merupakan bukti keimanan yang tidak bisa di rekayasa. Selain itu, air mata tersebut juga menjadi penghalang bagi seorang Muslim dari panasnya neraka jahannam. Rasulullah ﷺ pernah bersabda,

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «لَيْسَ شَيْءٌ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ قَطْرَتَيْنِ وَأَثَرَيْنِ قَطْرَةٌ مِنْ دُمُوعٍ فِي خَشْيَةِ اللَّهِ وَقَطْرَةُ دَمٍ تُهَرَاقُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَأَمَّا الْأَثَرَانِ فَأَثَرٌ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَأَثَرٌ فِي فَرِيضَةٍ مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ »

Bacaan Lainnya


“Tidak ada sesuatu yang lebih Allah Subhanahu wa Ta’ala cintai dari dua tetesan serta dua bekas. Tetesan air mata dikarenakan takut kepada –Nya dan tetesan darah yang mengalir di jalan Allah. Adapun dua bekas itu, bekas yang ditinggalkan dijalan Allah, dan bekas kewajiban dari kewajiban-kewajiban Allah“. (HR at-Tirmidzi no: 1669, HR. At Tabrani 7918)

Seringnya air mata tersebut mengalir, menjadikan hati seorang Muslim menjadi sangat lembut dan mudah menerima nasehat. Dan puncak dari seringnya seorang mukmin meneteskan air matanya tersebut adalah mereka akan merasakan manisnya iman.

Allahu Ta’ala A’lam bishawab
———————————————
Dari Abu Mas’ud Radhiyallahu anhu berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” [HR. Muslim]

♻️ Silahkan disebarluaskan

Oleh: Ustadz Khalid Basalamah

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *