Lantunan Dzikir yang Paling Allah Sukai, Dibaca 100 Kali Sehari

Dzikir yang Paling Allah Sukai
Dzikir
banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



banner 678x960

banner 400x400

Hajinews.co.idDzikir adalah mengingat dan menyebut nama Allah atau beberapa doa sebagai bentuk ibadah dalam Islam. Banyak doa atau dzikir dari Al-Qur’an dan Hadits yang bisa dipelajari dan diamalkan.

Banyak pula ulama yang mengajarkan kepada santrinya dzikir dan doa pendek maupun panjang secara spesifik. Semua jenis dzikir itu sendirinya baik dan mempunyai pengaruh yang luar biasa.

Bacaan Lainnya


Dzikir dan berbagai doa yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan Hadits diajarkan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah. Amalan yang dilakukan dengan ikhlas dan khusyuk diyakini akan lebih diterima oleh Allah.

Namun, ada sebuah dzikir yang paling disukai Allah. Dalam buku Hikayat Keajaiban Istighfar dan Shalawat Nabi, Fuad Abdurahman menjelaskan ada dzikir yang paling disukai oleh Allah SWT sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Sesungguhnya ucapan paling disukai Allah SWT adalah subahanallah wa bihamdih (Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya).” (HR Muslim).

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW juga bersabda,

كَلِمَتانِ خَفِيفَتانِ علَى اللِّسانِ، ثَقِيلَتانِ في المِيزانِ، حَبِيبَتانِ إلى الرَّحْمَنِ، سُبْحانَ اللَّهِ وبِحَمْدِهِ، سُبْحانَ اللَّهِ العَظِيمِ

“Dua kalimat ringan di lisan, berat di timbangan, dan disukai Ar-Rahman (Allah SWT), yakni Subhanallahil Adzim (Mahasuci Allah Yang Mahaagung) dan subhanallah wa Bihamdih (Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya).  (HR Bukhari).

Hadis di atas diperkuat oleh ucapan Abu Dzar, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah mengajukan pertanyaan kepadaku, ‘Hai Abu Dzar, maukah engkau kuberitahukan tentang ucapan yang disenangi Allah?’ Aku menjawab, ‘Ya, aku mau, ya Rasulullah. Beritahukanlah padaku tentang ucapan yang paling disenangi Allah’. Beliau SAW lalu bersabda, ‘Sesungguhnya ucapan yang paling disukai Allah adalah Subhanallah wa bihamdih’.” (HR Muslim).

Meskipun pendek, ucapan Subhanallah wa Bihamdi ini memiliki banyak keutamaan. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca Subhanallah wa Bihamdih sehari 100 kali, maka kesalahan-kesalahannya akan diampuni kendati sebanyak buih dilautan.” (HR Bukhari).

Ibnu Umar ra juga meriwayatkan bahwa suatu ketika Rasulullah SAW berkata kepada para sahabatnya:

“Ucapkanlah subhanallah wa bihamdihi sebanyak 100 kali. Barangsiapa mengucapkannya satu kali maka tertulis baginya 10 kebaikan, barangsiapa mengucapkannya 10 kali maka tertulis baginya 100 kebaikan, barangsiapa mengucapkannya 100 kali, maka tertulis baginya seribu kebaikan, barangsiapa menambahnya maka Allah pun akan menambahnya, dan barangsiapa memohon ampun, niscaya Allah akan mengampuninya.”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *