Menlu Retno Tegaskan Tidak Ada Negara yang Kebal Hukum, Israel Harus Bertanggung Jawab Atas Kekejaman di Gaza

Menlu Retno Marsudi
banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



banner 678x960

banner 400x400

Hajinews.co.id – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menegaskan Israel harus bertanggung jawab atas tindakannya di Jalur Gaza, mengatakan tidak ada negara yang kebal hukum, dengan Indonesia akan menyampaikan pernyataan lisan di Mahkamah Internasional (ICJ) bulan depan.

“Israel harus bertanggung jawab atas tindakannya, termasuk kekejaman di Gaza,” tegas Menlu Retno,” dalam keterangan Kementerian Luar Negeri Indonesia, Rabu 24 Januari.

Bacaan Lainnya


“Tidak ada negara yang kebal hukum,” tandasnya.

Israel diketahui diadukan oleh Afrika Selatan ke Mahkamah Internasional (ICJ) atas tuduhan genosida di Gaza, melanggar konvensi genosida 1948.

“Bulan depan, Indonesia akan menyampaikan Pernyataan Lisan untuk Penasihat Pendapat ICJ yang diajukan ke pengadilan atas mandat Majelis Umum,” kata Menlu Retno.

“Indonesia akan mengambil segala cara untuk mendukung Palestina,” tandasnya.

Indonesia sendiri sebelumnya telah menyampaikan masukan tertulis kepada ICJ. Sedangkan pandangan lisan akan disampaikan pada 19 Februari mendatang.

“Walaupun belum menjadi pihak Konvensi Genosida, Indonesia telah memberikan dukungan kepada Afrika Selatan untuk mengadukan pelanggaran Israel atas Konvensi Genosida di ICJ,” kata Menlu Retno beberapa waktu lalu.

Menlu Retno mengatakan, kehadiran Indonesia di ICJ bulan depan, melengkapi berbagai langkah diplomasi Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *