4 Kebiasaan Pagi Bagi Penderita Diabetes Yang Bisa Menurunkan Gula Darah

Kebiasaan Pagi Bagi Penderita Diabetes
Sarapan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idKebiasaan sederhana dan sehat di pagi hari dapat membantu menurunkan gula darah dan menjaganya sepanjang hari.

Sering kali ada anggapan bahwa pola makan menjadi penyebab tingginya gula darah, namun ternyata pola makan tidak 100 persen, melainkan hanya beberapa persen saja.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ada alasan lain yang bisa menyebabkan gula darah tinggi, seperti gaya hidup yang tidak sehat.

Kebiasaan seputar faktor gaya hidup lain seperti olahraga, stres, hidrasi, dan tidur berperan penting dalam menurunkan gula darah.

Kebiasaan Pagi Hari yang Dapat Turunkan Lonjakan Gula Darah

Melansir Eat This Not That, berikut ini kebiasaan baik di pagi hari yang dapat diterapkan oleh penderita diabetes karena kebiasaan ini dinilai dapat menurunkan lonjakan gula darah.

  1. Minum air putih

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan kadar gula darah normal dalam darah.

Agar tubuh terhidrasi dengan baik, Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih setiap bangun tidur, dan pastikan untuk minum air putih 2 liter per hari.

Minum air putih cukup membantu untuk menurunkan kadar gula darah dengan cara mengencerkan jumlah gula dalam aliran darah kita.

Faktanya, gula darah tinggi dan dehidrasi dapat berjalan seiring.

“Minum air dapat mencegah gula dalam darah terkonsentrasi, sehingga dapat menurunkan gula darah. Saat Anda minum lebih banyak air, Anda juga dapat mengatur nafsu makan dan mengurangi asupan minuman manis,” kata Justine Chan, MHSc, RD, CDE yang dilansir dari Eat This Not That.

  1. Sarapan

Kerap kali penderita diabetes melewatkan waktu sarapan, padahal hal ini adalah kebiasaan yang tidak baik.

Jika Anda sering melewatkan sarapan, mulai besok pastikan Anda mulai sarapan kembali, karena sarapan merupakan kebiasaan baik yang sebaiknya dijalankan oleh penderita diabetes.

Sarapan atau makan sesuatu saat pagi hari dikaitkan dengan membantu menstabilkan gula darah.

Beberapa orang memperhatikan bahwa semakin lama meraka tidak makan, semakin tinggi pula gula darah mereka.

Proses ini dikenal dengan glukoneogenesis, atau proses pembuatan gula darah yang disimpan di hati untuk menjaga tingkat energi tetap tinggi tanpa makanan.

“Tanpa makanan dalam jangka waktu lama dapat memicu stres pada tubuh, menyebabkan gula darah meningkat. Saat kita bangun di pagi hari, gula darah kita mungkin meningkat, dan sarapan yang seimbang dapat membantu menstabilkan atau menurunkannya,” kata ahli diet terdaftar, Patricia Kolesa, MS, RDN.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *