Viralnya fan account Anies Bubble membuat tren positif bagi kalangan Gen Z yang selama ini dianggap mampu diperdaya dengan cara-cara transaksional. Anies Bubble tidak hanya mensupport secara masif di media sosial, bahkan mereka memasang reklame videotron Anies Baswedan. Alih alih membayar untuk mengkampanyekan dirinya, Anies malah mendapatkan kampanye gratis dan organik dari fansnya imbas dari kedekatannya dengan gen-Z di TikTok. Bahkan Anies Baswedan mendapatkan julukan “Abah”.
Hadirnya Anies Baswedan dalam kontestasi politik saat ini memicu banyak sekali kreativitas dan pikiran yang selama ini sengaja dikubur oleh elit politik demi kepentingan mereka sendiri. Banyak isu ide, gagasan, pikiran yang muncul di ruang publik yang menjadi diskusi banyak pihak. Masalah-masalah yang sering dialami masyarakat di bawah pun muncul dengan adanya forum Desak Anies. Ini merupakan kampanye paling mewah, karena sirkulasi gagasan yang jadi fokus utamanya, bukan gimik dan pencitraan belaka. (Alwi Husein Al Habib, Mahasiswa Pascasarjana Universitas Semarang)