Analisis Debat Capres Terakhir

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Suasana lebih hidup sedikit hanya terjadi pada segmen terakhir, khususnya saat Ganjar dan Anies bersambut gayung bahasan soal bantuan sosial (Bansos) yang sudah dan segera disusul pemberiannya oleh pemerintahan Jokowi.

Ganjar seperti di fragmen pembuka mempertanyakan mekanisme bansos, demikian pula Anies yang heran dengan mekanisme yang dirapel, bahkan disebar di depan Istana.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Juga, harus ada tulisan bahwa bansos itu dari APBD pemerintah, dari uang rakyat bukan dari kepala daerah apalagi presiden.

Penguasaan materi Anies dan Ganjar soal bansos sesuai dengan teori orasi bahwa orator lahir dari konsep 3L (Lahir, Lingkungan, dan Latihan).

Keduanya pernah jadi gubernur, keduanya aktivis sejak mahasiswa, dan kemudian berada di lingkungan yang “memaksa” mereka harus berinteraksi intens terkait bansos.

Segmen akhir juga kita melihat Anies yang tak segarang biasanya saat ada kesempatan bertanya ke Prabowo.

Kadar pertanyaan normatif saja, yakni bagaimana melindungi perempuan. Ketika Prabowo menjawab kurang terarah, Anies merespons dengan melontarkan kata maaf bahwa jawaban belum sesuai.

Ganjar cukup membuat riak dengan bertanya soal program internet gratis yang dianggap lebih bodoh ketika Prabowo saat berkampanye di Pontianak. Namun bahasan relatif bersilat lidah antara keduanya, boleh disebut tidak sampai pada klimaks-nya.

Akhir kata, datarnya debat semalam, adalah hal yang tak banyak orang sangka. Terutama bagi para pendukung loyal ketiganya, yang selama ini tak pernah habis bertukar kata, data, dan analisa.

Demikian pula dengan penonton yang hadir di arena semalam, mereka lebih tertib. Akademisi komunikasi publik pun akan bertepuk tangan karena abstraksi teori dipraktikkan dengan baik.

Pun demikian, langkah politik ketiganya, kerapkali tak bisa kita baca mudah akan apa yang terjadi di layar depan (front stage) dan belakang layar (back stage).

Dengan lebih adem atau beringas, politisi sudah berhitung, siapa akan raih berkah atau buntung elektoralnya pada Rabu,14 Februari nanti. Aneh/unik, tapi nyata!

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *