Bersama Pastikan Perubahan

Bersama Pastikan Perubahan
Kampanye Amin di JIS
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Beberapa hari menjelang pencoblosan, ada hal-hal mencolok yang perlu dicermati. Yang pertama, suara orang-orang terpelajar di perguruan tinggi yang mengkritik keras Jokowi. Mereka menilai Presiden Jokowi tidak netral.

Saya pikir, Jokowi tidak netral karena mempertaruhkan harga diri. Suatu hari di Yogyakarta beliau berpidato, ‘saya mempertaruhkan reputasi politik saya’. Kala itu belum terbaca, tepatnya belum ketahuan, keinginan dirinya untuk menjadikan Gibran, anaknya, cawapres. Setelah ketahuan ada udang di balik batu, di balik cawe-cawe, yang dipertaruhkan bukan lagi reputasi, melainkan harga diri seorang presiden, yang juga seorang ayah. Apakah dampaknya pada demokrasi apabila yang berkuasa mempertaruhkan harga dirinya di kancah pemilihan umum?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dengan lensa itu saya memandang semua upaya memenangkan pillpres satu putaran yang disuarakan dua anak Jokowi, yaitu Gibran dan Kaesang, harus diwaspadai. Bahwa kemenangan satu putaran itu diperoleh menggunakan ‘semua cara’ yang dimiliki yang berkuasa yang mempertaruhkan harga dirinya.

Yang kedua, yang perlu dicermati ialah berbagai survei yang menelurkan kesimpulan Prabowo-Gibran menang satu putaran. Survei itu mengajukan pertanyaan kurang lebih, ‘kalau hari ini dilakukan pemilu, siapa capres-cawapres yang Anda pilih?’

‘Hari ini’ ialah urusan pokok selain kesahihan metodologi. Yang dimaksud ‘hari ini’ ialah ketika survei dilakukan, antara lain pada 29 Januari hingga 5 Februari 2024. Jadi, hari survei terakhir dilakukan masih lebih seminggu sebelum hari pencoblosan, 14 Februari 2024. Masih cukup waktu bagi rakyat berubah pilihan, terutama setelah merasakan sendiri atmosfer ‘perubahan‘ di JIS yang juga disiarkan langsung oleh media eletronik televisi.

Saya termasuk yang tidak percaya bila diselenggarakan jujur dan adil, pillpres ini bisa satu putaran. Pilpres dua putaran lebih memberi kesempatan bagi rakyat untuk menimbang lebih masak lagi, pasangan mana yang lebih meyakinkan mampu membawa perubahan, yaitu satu kemakmuran dan keadilan bagi kita semua.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *