Hikmah Pagi: Besarnya Dosa Syirik Kecil Itu, Ini Pandangan Para Ulama

Besarnya Dosa Syirik Kecil Itu
ilustrasi: Syirik
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Ternyata dosa syirik kecil lebih berat dibandingkan dosa kemaksiatan yang merupakan salah satu dosa besar (al-kabaair). Kenapa ? Sebagaimana diketahui, syirik berarti menyamakan selain Allah SWT dalam perkara yang termasuk kategori khusus yang hanya milik Allah SWT.

Begitu buruknya perbuatan syirik ini, maka dosanya dianggap jauh lebih besar dari perbuatan dosa besar sendiri. Di antara beberapa pendapat ulama yang mengatakan hal tersebut, yakni :

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Ibnu al-Qayyim rahimahullah

Ibnu Al Qayyim menjelaskan perihal dosa bersumpah atas nama selain Allah yang merupakan syirik kecil, beliau menuturkan, “Allah Ta’ala menyatakan bahwa bersumpah atas nama selain Allah adalah kesyirikan, sehingga tingkatannya melampaui tingkatan dosa-dosa besar.” [I’lam al-Muwaqqi’in 6/572]

2. Syaikh Sulaiman bin Abdillah Alu asy-Syaikh rahimahullah

Ketika mengomentari atsar yang menyatakan bahwa Ibnu Mas’ud lebih memilih bersumpah dusta dengan menyebut nama Allah daripada bersumpah jujur tapi dengan menyebut nama selain Allah, Syaikh Sulaiman bin Abdillah menyatakan, “Dalam atsar ini terdapat dalil bahwa tingkatan syirik kecil lebih parah daripada dosa-dosa besar.”

3. Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu asy-Syaikh

Ketika menyebutkan bahwa salah satu contoh syirik kecil adalah memberikan putusan hukum pada suatu kasus berdasarkan hawa nafsu dengan tetap meyakini kebenaran hukum Allah dan Rasul-Nya, beliau berkata, “Perbuatan ini meski kekufurannya tidak mengeluarkan pelaku dari agama Islam, tapi ia adalah kemaksiatan yang sangat besar yang melebihi perbuatan dosa besar.” [Tahkim al-Qawanin hlm. 8]

Tingkatan Dosa Syirik Kecil Lebih Tinggi

Mengapa tingkatan dosa syirik kecil dianggap lebih tinggi? Dikutip dari tulisan ceramah Ustadz Muhammad Nur Ichwan Muslim, ST dijelaskan bahwa dosa besar itu sendiri terbagi ke dalam dua jenis, yaitu:
(a) Dosa besar yang terkait dengan keyakinan syirik kepada selain Allah sehingga melahirkan aktivitas amal ibadah dan (b) Dosa besar berupa aktivitas yang tidak diiringi keyakinan kepada selain Allah.

Dosa besar jenis pertama seperti aktivitas beristighatsah kepada selain Allah; menyembelih atau berkurban (memberi sesajen) kepada selain Allah, bernadzar kepada selain Allah, dan semacamnya. Aktivitas fisik ini merupakan dosa besar yang diiringi suatu keyakinan yang menjadikannya tergolong sebagai syirik akbar karena telah memalingkan ibadah kepada selain Allah. Kesyirikan dilakukan karena terdapat pengagungan kepada makhluk sehingga menjadikannya saingan bagi Allah dan dianggap layak diibadahi, entah dijadikan tujuan atau perantara.

Adapun dosa jenis kedua adalah aktivitas dosa besar yang tidak diiringi keyakinan kepada selain Allah seperti berzina, meminum khamr, mencuri, memakan riba, memakan harta anak yatim, melarikan diri dari perang, dan dosa besar yang lain.

Pada jenis yang kedua inilah dikatakan bahwa syirik kecil memiliki tingkatan dosa yang lebih tinggi daripada dosa besar. Dengan demikian, syirik kecil meski berupa perkataan seperti ucapan “terserah Allah dan terserah kamu”; bersumpah dengan menyebut nama selain Allah; menisbatkan nikmat kepada selain Allah; mengikatkan jimat; atau yang semisalnya, dari segi jenis memiliki tingkatan dosa yang lebih tinggi daripada dosa besar jenis kedua tadi, yaitu dosa besar yang tidak diiringi keyakinan syirik kepada selain Allah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *