7 Rahasia Surat Yasin

Rahasia Surat Yasin
Ilustrasi: membaca Surat Yasin
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSurat Yasin merupakan salah satu surat Al Qur’an yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan dalam ajaran Islam. Bahkan, surat Yasin disebut Al-Qur’an Qalbil atau jantungnya Al-Qur’an.

Surat Yasin sering dibacakan untuk memohon keberkahan, perlindungan dan pahala dari Allah Ta’ala. Keutamaan Surat Yasin didasarkan pada hadis-hadis mulia yang telah disebutkan tentang keutamaannya, antara lain: rahmat, ampunan dan pertolongan Allah kepada orang yang membacanya dengan baik dan ikhlas.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Oleh karena itu, surat Yasin sering dibacakan kepada orang yang sudah meninggal atau meninggal dunia, misalnya pada acara Yasinan atau Tahlilan yang sering diadakan oleh masyarakat Indonesia.

Lalu apa saja rahasia yang ada di balik jantungnya Alquran ini?

Surah Yasin adalah inti dari kitab suci Alquran. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Anas bin Malik Ra, Nabi Muhammad SAW bersabda:

إِنَّ لِكُلِّ شَىْءٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس َمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

Artinya: “Setiap sesuatu ada jantungnya (qalbu). Jantungnya Alquran adalah surat Yasin. Siapa yang membaca surat Yasin, Allah menulis baginya pahala seolah-olah ia telah mengkhatamkan sepuluh kali Alquran.” (HR Darimi dan Tirmidzi).

Jantung adalah bagian penting dari tubuh manusia. Organ ini melakukan pekerjaan yang sangat penting. Persamaan ini menunjukkan betapa pentingnya Surat Yasin. Dengan mengingat hal ini, kita dapat dengan mudah berasumsi seberapa besar manfaat Surat Yasin sebagai inti dari Alquran.

Terdiri dari 83 ayat, surat Yasin diturunkan di Makkah. Surat Yasin mempunyai manfaat yang berbeda-beda, khususnya dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut 7 keutamaan atau rahasia surat Yasin sebagai jantungnya Alquran:

  1. Pengampunan Dosa

Di dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridaan Allah maka diampuni dosa-dosanya,” (HR At Thabrani dan Al-Baihaqi).

Dakam hadits lain juga dijelaskan,

عن أبي هريرة قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (من قرأ سورة يس في ليلة ابتغاء وجه الله غُفر له في تلك الليلة).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa pun yang membaca Surat Yasin pada waktu malam untuk mengharap wajah Allah (ridha Allah), maka mendapat ampunan di malam tersebut.” (HR. Ad Darimi)

Seorang muslim, baik perempuan maupun laki-laki, pasti pernah melakukan kesalahan sepanjang hidupnya. Meskipun menyadari kesalahan masa lalu, dia akan kembali membuat kesalahan. Namun, Allah SWT merupakan Maha Pengampun. Dia akan mengampuni dosa-dosa hambanya yang melakukan tobat yang tulus.

Surah Yasin adalah surat terbaik dalam Alquran, yang memberikan jaminan pengampunan atas dosa-dosa yang dilakukan. Pembacanya harus beriman kepada rahmat Allah dan Dia akan melimpahkan nikmat-Nya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *