7 Rutinitas Rasulullah SAW Selama Puasa di bulan Ramadan

Rutinitas Rasulullah SAW Selama Ramadan
Ilustrasi: Ramadan/pexel
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSelama puasa Ramadan, tubuh kita harus mengikuti rutinitas yang sangat berbeda baik dalam hal makan maupun tidur. Mengingat hal ini, Rasulullah SAW sebenarnya memiliki rutinitas sehat yang juga bisa kita ikuti selama Ramadan.

Kami berharap beberapa tindakan yang diambil oleh Nabi Muhammad SAW akan membantu kita berpuasa bersama dengan aktivitas lainnya. Apakah kamu penasaran? Yuk langsung saja simak artikel berikut ini

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

  1. Makan dengan porsi lebih sedikit

Guna mencegah datangnya penyakit selama berpuasa, Rasullulah SAW terbiasa makan dengan porsi lebih sedikit. Melansir dari Health Fitness Revolution, praktik makan dalam porsi lebih sedikit menurut Islam yakni, perut diisi 1/3 makanan, 1/3 cairan dan 1/3 napas.

Untuk mencegah makan berlebihan, coba praktikkan mindful eating atau makan dengan penuh kesadaran. Aktivitas makan dilakukan dengan fokus pada makanan tanpa distraksi misal, makan sambil buka media sosial atau menonton video.

  1. Makan secara perlahan

Diriwayatkan bahwa, Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan untuk makan dengan perlahan, agar membantu proses pencernaan. Seperti dilansir dari Connect Muslim Pro, kebiasaan ini ternyata didukung secara ilmiah. Perlu waktu sekitar 20 menit untuk otak mengirim sinyal kenyang.

  1. Asupan buah delima

Rasulullah SAW memiliki satu buah yang cukup favorit yaitu delima. Akan hal tersebut, ternyata ada riset yang membuktikan bahwa buah ini memang salah satu makanan paling sehat di bumi.

Delima mengandung mangan yang membantu pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme. Kemudian, kandungan potasium membanu menjaga fungsi sel dan menjaga keseimbangan kadar cairan.

Buah delima tinggi kandungan flavonoid dan polifenol, dua jenis antioksidan ini mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung.

  1. Tidur cukup

Selain memenuhi asupan yang bergizi, dalam berpuasa juga diperlukan pola tidur yang cukup. Kerap dianggap sepele, namun sebenarnya itu sebagai salah satu kunci hidup sehat. Bahkan, Rasulullah SAW tidak pernah kurang tidur atau tidur berlebihan.

Berbagai penelitian ilmiah pun mengaku bahwa tidur lebih awal bisa menjaga stabilitas berat badan dan menghindari masalah lebih serius seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

  1. Buka puasa dengan kurma

Jika mungkin di antara kita saat berbuka puasa kerap makan gorengan, maka Nabi Muhammad SAW punya menu berbuka yang lebih sehat. Rasulullah terbiasa berbuka dengan kurma, lantaran secara ilmiah kurma mampu menstabilkan kadar gula dalam darah, menyeimbangkan kadar elektrolit tubuh, serta membantu sistem pencernaan untuk bersiap ke menu yang lebih berat.

  1. Mengakhirkan sahur

Ada satu kebiasaan Rasullullah SAW saat berpuasa, yaitu kerap mengakhirkan waktu sahur. Bukan tanpa alasan, kalau sahur menjelang waktu imsak maka sebenarnya dapat membantu kita lebih menghemat asupan dalam tubuh. Sahur dengan asupan bergizi dibarengi niat yang khusuk sebagai tips menjalankan puasa sembari beraktivitas seharian.

  1. Tetap aktif olahraga

Selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, Rasullulah tetap aktif berkegiatan. Bahkan, dalam salat saja perlu tubuh kuat sebab gerakan-gerakannya menuntut kondisi tubuh yang fit. Maka dalam hal ini, olahraga tetap diperlukan dalam intensitas sedang dan berat.

Itulah, rutinitas sehat yang kerap dilakukan Nabi Muhammad SAW selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Semoga bermanfaat

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar