Niat Puasa Ramadan 2024 dan Artinya

Niat Puasa Ramadan
Niat Puasa Ramadan/freepik
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idNiat Puasa Ramadan 2024 Beserta Artinya. Diketahui bahwa makan sahur merupakan pelengkap puasa di bulan Ramadan.

Hukum sahur adalah Sunnah. Namun, setiap umat Islam menganjurkan makan sahur sebelum berpuasa di bulan Ramadan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan, karena Allah subhanah memberkahi setiap sahur pagi. Oleh karena itu, tetap wajib sahur saat berpuasa, meski hanya seteguk air.

Anjuran makan sahur berdasarkan hadits riwayat Imam Ibnu Hibban. Dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

“Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air.” (HR Ibnu Hibban)

Sebelum melakukan makan sahur, umat Islam dianjurkan membaca Bismillah dan niat sahur puasa Ramadan. Berikut ini niat yang dibaca sebagian orang:

Nawaitu shauma ghadin an adai fardhi syahri ramadhana hadzihissanati lillahi taala.

“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta’ala.”

Hukum Niat Puasa Ramadan

Adapun niat puasa bisa dimulai sejak malam hari. Batasan waktu niat sampai sebelum masuk waktu subuh. Jadi, selepas maghrib sudah bisa langsung berniat dalam hati untuk puasa besok, tidak perlu dilafadzkan.

Niat berarti al-qashdu atau keinginan. Niat puasa berarti keinginan untuk berpuasa. Letak niat adalah di dalam hati, tidak cukup dalam lisan, tidak disyaratkan melafadzkan niat. Berarti, niat dalam hati saja sudah teranggap sahnya.

Ulama besar Muhammad Al Hishni berkata:

لاَ يَصِحُّ الصَّوْمَ إِلاَّ بِالنِّيَّةِ لِلْخَبَرِ، وَمَحَلُّهَا القَلْبُ، وَلاَ يُشْتَرَطُ النُّطْقُ بِهَا بِلاَ خِلاَفٍ

“Puasa tidaklah sah kecuali dengan niat karena ada hadits yang mengharuskan hal ini. Letak niat adalah di dalam hati dan tidak disyaratkan dilafazkan.” (Kifayah Al-Akhyar, halaman 248)

Demikian penjelasan ringkas tentang niat puasa Ramadan. Allahu a’lam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *