7 Amalan Yang Bisa Mencegah Siksa Kubur, Termasuk Kematian di Hari Pilihan

Amalan Yang Bisa Mencegah Siksa Kubur
membaca Al-Quran/pexel
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idKetahuilah amalan yang bisa menyelamatkanmu dari siksa kubur. Salah satunya meninggal pada hari tertentu.

Penting bagi kita umat Islam untuk mengetahui amalan-amalan yang akan menyelamatkan kita dari siksa kubur. Artinya hidup kita bisa lebih tenang di alam sana.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Salah satu cara terbaik untuk menghindari siksa kubur adalah dengan beramal shaleh. Amalan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti: bersedekah, menunaikan salat lima waktu, membaca Al-Qur’an dan memperbanyak dzikir.

Rasulullah SAW telah menegaskan bahwa umat manusia akan menderita siksa kubur sebelum kiamat. Siksa kubur akan menimpa orang-orang kafir atau munafik.

Namun ada beberapa amalan yang menyelamatkan seseorang dari siksa kubur. Anda bisa mencoba amalan ini di rumah.

Amalan Penyelamat Siksa Kubur

  1. Membaca Surah Al-Mulk Membaca surah Al-Mulk menjelang tidur merupakan salah satu amalan penyelamat seseorang dari siksa kubur.Hal ini telah tercantum dalam HR. An Nasa’I yang isinya bagi siapa saja membaca surah Al-Mulk setiap malam maka Allah SWT akan mencegahnya dari siksa kubur.
  2. Berjuang di Jalan Allah SWT Berjuang di jalan Allah SWT merupakan amalan penyelamat siksa kubur berikutnya. Amalan yang dimaksud yaitu menjaga perbatasan untuk menjaga kehormatan Islam dan membela agama Allah SWT.
  3. Membaca Kalimat Thayyibah Kalimat thayyibah لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ (La ilaha illallah) merupakan pembeda antara umat muslim dengan lainnya saat hari kiamat tiba. Kalimat thayyibah ini diyakini bisa menyelamatkan pembaca dari siksa kubur dan tetap berada pada keselamatan.
  4. Mengamalkan Isi Al-Quran Mengamalkan isi Al-Quran merupakan amalan penyelamat siksa kubur yang bisa coba Anda amalkan. Setelah membaca Al-Quran maka isinya bisa diresapi dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bisa juga menyampaikan ayat-ayat Al-Quran kepada orang lain.
  5. Beriman Kepada Allah SWT Amalan lain untuk menyelamatkan diri dari siksa kubur yaitu beriman kepada Allah SWT. Tentunya hal ini meliputi mematuhi syariat-Nya, mengikuti sunah Rasulullah SAW dan para sahabatnya.
  6. Selalu Berdoa Hal lain yang bisa menyelamatkan seseorang dari siksa kubur yaitu selalu berdoa agar terhindar dari siksa kubur. Doa ini bisa dikerjakan sebelum menunaikan salam.
  7. Wafat di Hari Jumat Wafat di hari Jumat merupakan salah satu perkara yang bisa menyelamatkan seseorang dari siksa.

Selain amalan penyelamat siksa kubur di atas, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah menjelaskan dalam Kitab Ar-Ruh li Ibnil Qayyim, seseorang bisa selamat dari siksa kubur apabila menghindari semua sebab yang bisa mendatangkan siksa kubur.

Misalnya duduk sejenak sebelum tidur saat malam itu lalu menghisab diri terkait apa saja keuntungan dan kerugian saat hari itu. Setelah itu, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah pernah berkata bahwa Anda bisa memperbarui tobat antara diri sendiri dengan Allah SWT lalu tidur dalam keadaan tobat dan berjanji tidak mengulangi dosa yang diperbuat.***

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *