Rupanya Masih Hidup! Salwan Momika, Pembakar Alquran Ditangkap Polisi Norwegia

Salwan Momik Ditangkap Polisi Norwegia
Salwan Momik Ditangkap Polisi Norwegia
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idPenyelenggara aksi pembakaran Alquran di Swedia, Salwan Momika, ditangkap di Norwegia. Saluran TV Swedia SVT melaporkan pada Kamis (4 April 2024) bahwa ia akan dideportasi ke Swedia, mengutip keputusan Pengadilan Distrik Oslo.

Seorang aktivis Irak yang membakar kitab suci Islam ditangkap oleh polisi Norwegia pada 28 Maret setelah dia mengatakan kepada media Swedia bahwa dia pergi ke Norwegia untuk mencari suaka.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pada Februari, Pengadilan Migrasi Swedia menolak banding Momika atas keputusan Dinas Imigrasi yang mengusirnya dari negara Skandinavia tersebut. Izin tinggalnya pun dibatalkan dan dia ditolak masuk ke Swedia selama lima tahun.

Imigran Irak tersebut beberapa kali melakukan demonstrasi pembakaran Alquran di Swedia, termasuk pada hari pertama hari raya Idul Adha di depan masjid utama Stockholm pada Juni 2023. Aksi tersebut terjadi atas izin polisi.

Setelah itu, Irak menuntut ekstradisi penyelenggara untuk mengadilinya, sementara puluhan warga Irak berkumpul untuk melakukan protes di depan kedutaan Swedia di Bagdad. Berbagai tindakan penodaan Alquran juga terjadi di Swedia dan Denmark.

Sebelumnya, Momika sempat dirumorkan tewas di Norwegia oleh sejumlah media asing. Akan tetapi, hingga beberapa hari kabar itu tersebar, belum ada konfirmasi maupun bantahan dari pihak berwenang Norwegia terkait kematiannya.

Sumber: inews

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *