‘SIREKAP Sudah Mendunia, Bobroknya Go-INTERNASIONAL’

SIREKAP Sudah Mendunia
SIREKAP KPU
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Dr. KRMT Roy Suryo – Pemerhati Telematika, Multimedia, AI dan OCB Independen

Hajinews.co.id – Pada Minggu 07/04/24 pukul 13.30 WIB terlah berlangsung Diskusi yang Cadas (= Keras, Laksana Batu karang) yang bisa diikuti melalui Kanal YouTube @DirtyElection. Diskusi yang melibatkan Para Pakar TI Independen seperti Dr. ir Leony Lidya, Ir. Hairul Anas Suaidi, Dr. Yudi Prayudi, M.Kom dan saya sendiri, sekaligus juga ada Hasto Kristiyanto, Erick Samuel Paat, Petrus Selestinus dan Kaka Suminta bermaksud membuka “Kotak Pandora” bernama SIREKAP yang merupakan Saksi Bisu Kejahatan Pemilu 2024. Diskusi diselenggarakan oleh APDI / Aliansi Penegak Demokrasi Indonesia yang merupakan sinergi dari IA-ITB, TPDI, Perekat Nusantara dan KIPP.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebagaimana kemarin sudah dijelaskan background istilah “Pandora”, memang membawa kita ke Mitologi Yunani ketika Epimetheus (saudara dari Prometheus, yang dibenci Zeus karena mencuri Apinya) dihadiadi Guci saat pernikahannya dengan Pandora. Namun rasa penasaran istrinya tersebut tidak bisa melawan Larangan untuk tidak membuka “Kotak Pandora” yang ternyata berisi semua Hal keburukan, misalnya Teror, masa tua, rasa sakit, kegilaan, wabah penyakit, keserakahan, pencurian, dusta, kedengkian, kelaparan dan berbagai malapetaka lainnya. Hal yang sangat mirip, kalau tidak mau disebut identik, dengan Apa yang terjadi dalam SIREKAP ketika dibedah oleh Para Pakar TI tersebut.

“Bocoran alus” detail isi Diskusi tentng SIREKAP (Sistem Infornasi Rekapitulasi Pemilu 2024) kemarin sudah disampaikan di tulisan sebelumnya, sehingga sekarang akan dibahas Mengapa akhirnya APDI sampai pada kegiatan yng akan berlangsung nanti siang tersebut. Berawal dari kepedulian anak bangsa terhadap situasi Karut-Marut pelaksanaan SIREKAP mulai awal Januari 2024 (saat Aplikasi ini mulai bisa diunduh sebagai Apps), saat Pelaksanaan Pemilu hingga Proses rekapitulasi suara melalui SIREKAP, hingga akhirnya (di) berhenti (kan) oleh KPU tanpa alasan yang jelas ada semua disini.

Bak Pandora yang kaget saat membuka isi Kotak berisi hal-hal jahat tersebut, demikianlah juga kekagetan masyarakat Indonesia menyaksikan bagaimana Teknologi informasi yang sebenarnya sudah sangat maju, dimana saat ini dunia memasuki era Industry 4.0 bahkan Society 5.0, malah di Indonesia teknologi digunakan sebagai Alat bantu Kecurangan atau Kejahatan Pemilu, sungguh Ironis. Kecanggihan OCR/OMR, Pemanfaatan Algoritma, Penggunaan JSON-script hingga Pemilihan Cloud-Server (di LuarNegeri)-pun semuanya dimanfaatkan tidak secara positif namun kebalikannya (mirip saat kita membandingkan antara Epimetheus dan Prometheus dlm Mitologi Yunani diatas).

Demikian juga kekagetan yang didapatkan saat sehari sebelumnya (Kemarin, Sabtu 06/04/24) saat saya diundang dalam Forum Diskusi Internasional melalui Zoom-meeting oleh Para Diaspora Indonesia yang berasal dari Amerika (puluhan negara bagian), Eropa (beberapa negara), Middle East, Hong Kong, Singapore Taiwan dan Australia, termasuk dari dalam negeri sendiri. Diskusi internasional yang berjudul “Sing Waras sing Menang” yang diselenggarakan oleh “World for Ganjar Mahfud” tersebut kemarin bahkan dihadiri langsung oleh Capres 03, Mas Ganjar Pranowo yang juga menyampaikan pandangannya di acara Refleksi Pemilu 2024 Lintas Dunia & Doa bersama Lintas Agama episode ke-7 tsb.

Diawali pembukaan oleh Priscilla S Santoso yang tinggal di New York dan memutarkan Lagu yang sangat menyentuh ciptaan James F Sundah yang dinyanyikan oleh Para Diaspora Indonesia yang tinggal di Amerika, kemudian diskusi yang dimoderatori oleh Monica Nathan di Chicago ini langsung mengikuti paparan “Si Kotak Pandora SIREKAP” yang saya bawakan secara komprehensif sejak awal pelaksanaannya hingga diakhiri dengan banyaknya permasalahan kemarin. Sempat mendapatkan respon positif dari Prof Didit Widianto ttg teknis pelaksanaan SIREKAP, Diskusi berlangsung seru karena berdurasi lebih dari 1 jam dari total keseluruhannya selama 120 menit termasuk Diskusi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *