Adab Memasuki Rumah Sesuai Dengan Sunnah Nabi Muhammad SAW

Adab Memasuki Rumah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idIslam bukan sekedar ajaran yang patut diyakini umat Islam, namun juga merupakan pandangan hidup yang menjadi teladan Nabi Muhammad SAW. Segala perbuatan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah Sunnah, dan jika melakukannya, akan diberi pahala.

Dalam Islam, berbagai aktivitas diatur, termasuk aktivitas kecil seperti memasuki rumah. Ada berbagai amalan yang bisa dilakukan seorang muslim di rumah untuk mencapai kebaikan dan mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Oleh karena itu, sebaiknya kembangkan kebiasaan baik sesuai sunnah saat melakukan hal sederhana seperti masuk ke dalam rumah. Kutipan dari muslim.sg: Memasuki rumah dengan cara ini sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Membaca Doa Masuk Rumah

Rasulullah SAW mengajarkan umatnya agar membaca doa ketika memasuki suatu tempat, termasuk rumah sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Bacaan latin: “Allahumma inni as-aluka khoirol-mauliji wa khoirol-makhroji bismillahi walajna wa bismillahi khorojna wa ‘ala Robbina tawakkalna.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk, dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.” (HR. Abu Daud)

Masuk dengan Mendahulukan Kaki Kanan

Ketika memasuki rumah, kamu bisa melangkah masuk ke dalam rumah dengan mendahulukan kaki kanan. Rasulullah SAW sering kali mendahulukan anggota tubuh sebelah kanan di berbagai keadaan, terutama ketika hal melakukan hal baik. Perkara tersebut pernah disebutkan oleh Aisyah RA sebagai berikut.

كانَ النبيُّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ، في تَنَعُّلِهِ، وتَرَجُّلِهِ، وطُهُورِهِ، وفي شَأْنِهِ كُلِّهِ

Artinya: “Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam amat menyukai memulai dengan kanan dalam mengenakan sandal, menyisir rambut, bersuci dan dalam urusannya yang penting semuanya,” (HR. Bukhari)

Mengucap Salam saat Masuk Rumah

Selain itu, Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada umat Islam mengucapkan salam ketika masuk rumah menemui anggota keluarga. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam riwayat berikut.

إِذَا دَخَلْتَ عَلَى أَهْلِكَ فَسَلِّمْ يَكُونُ بَرَكَةً عَلَيْكَ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِكَ

“Apabila engkau menemui keluargamu, maka ucapkanlah salam sehingga menjadi berkah bagimu dan bagi keluargamu.” (HR. At-Tirmizi)

Bahkan, apabila rumah sedang tidak ada penghuni, maka ucapkan salam sebagaimana anjuran Imam An-Nawawi recommended dalam kitab Al-Azkar, mengutip dari Muwatta’ of Imam Malik.

السَّلَامُ عَلَينَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِين

Bacaan Latin: “Assalamu ‘alaina wa-‘ala ‘ibadillahis-solihin.”

Artinya: “Salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang saleh.”

Demikian sunah yang bisa dibiasakan setiap kali hendak memasuki rumah sesuai ajaran Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat!

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *