Naudzubillah! Inilah Orang-Orang Yang Tidak Dipedulikan Allah Pada Hari Kiamat

Orang Yang Tidak Dipedulikan Allah Pada Hari Kiamat
Orang Yang Tidak Dipedulikan Allah Pada Hari Kiamat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idAda sebagian golongan orang yang diabaikan Allah Ta’ala di hari kiamat. Dia tidak berbicara kepada orang-orang ini dan tidak memaafkan mereka.

Sesungguhnya Allah akan menaungi manusia di akhir dunia. Untuk melindungi mereka dari panasnya sinar matahari. Seperti sabda Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah SAW tentang 7 kelompok yang berada di bawah lindungan-Nya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun ada sebagian orang yang sama sekali diabaikan oleh Allah Ta’ala. Mereka bahkan akan mendapat azab yang pedih. Siapakah orang yang tidak dipedulikan oleh Allah SWT?

Orang yang Tidak Dihiraukan oleh Allah SWT pada Hari Kiamat

Imam Nawawi dalam Syarah Riyadhus Shalihin melampirkan hadits perihal orang yang diajak bicara oleh Allah SWT di hari kiamat kelak. Riwayat ini dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Nabi SAW bersabda:

ثَلَاثَةٌ لَا يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَا يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ وَلَا يُزَكِّيهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ: رَجُلٌ عَلَى فَضْلٍ مَاءٍ بِالْفَلَاةِ يَمْنَعُهُ مِنِ ابْنِ السَّبِيلِ، وَرَجُلٌ بَايَعَ رَجُلاً سِلْعَةً بَعْدَ الْعَصْرِ، فَحَلَفَ بِاللَّهِ لَأَخَذَهَا بِكَذَا وَكَذَا فَصَدَّقَهُ وَهُوَ عَلَى غَيْرِ ذَلِكَ، وَرَجُلٌ بَايَعَ إِمَامًا لَا يُبَايِعُهُ إِلَّا لِدُنْيَا، فَإِنْ أَعْطَاهُ مِنْهَا وَفَى، وَإِنْ لَمْ يُعْطِهِ مِنْهَا لَمْ يَفِ

Artinya: “Ada tiga kelompok (manusia) yang nanti pada hari kiamat, Allah tidak akan bercakap-cakap dengan mereka; Allah tidak akan memandang mereka; Allah tidak akan menyucikan (memaafkan) mereka; dan bagi mereka siksaan yang sangat pedih: (1) seseorang yang mempunyai kelebihan air di tengah-tengah padang pasir saat dalam perjalanan, tetapi ia tidak mau memberi orang lain (yang membutuhkan); (2) seseorang yang menawar suatu barang milik orang lain sesudah Ashar kemudian ia bersumpah dengan nama Allah untuk mengambilnya (membelinya) dengan syarat begini dan begitu, lalu disetujuinya tetapi kemudian ia mengkhianatinya; (3) seseorang yang berjanji untuk membaiat (mendukung) pemimpin hanya karena dunia (harta), di mana bila permintaannya dipenuhi maka ia menepati janjinya dan bila permintaannya tidak dipenuhi maka ia tidak mau menepati janjinya.” (Muttafaq Alaih)

Menurut Imam Nawawi, maksud “tidak akan bercakap-cakap dengan mereka” pada hadits di atas adalah bahwa Allah SWT tidak akan mengajak bicara golongan orang tersebut dengan percakapan yang penuh kasih sayang.

Dalam riwayat lain, Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Rasul SAW bersabda, “Ada tiga macam orang yang tidak diajak oleh Allah pada hari kiamat dan tidak pula menganggap mereka sebagai orang bersih (dari dosa), juga tidak bersedia melihat mereka itu, bahkan mereka akan memperoleh siksa yang pedih sekali: (1) orang tua yang berzina, (2) raja (pemimpin negara) yang suka membohong, dan (3) orang miskin yang sombong.” (HR Muslim)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *