Apa Itu Penyakit Prostat? Pelajari Penyebab, Gejala, dan Prosedur Operasinya

Apa Itu Penyakit Prostat?
Apa Itu Penyakit Prostat?


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Pada beberapa kasus, masalah prostat dapat membuat penderita kesulitan buang air kecil karena pembesaran prostat yang menekan uretra. Adapun gejala umum lainnya yang dialami penderita penyakit prostat, yaitu:

  • Kesulitan buang air kecil
  • Sering buang air kecil di malam hari
  • Terasa nyeri saat buang air kecil dan ejakulasi
  • Kesulitan buang air kecil yang parah hingga harus mengejan sebelum buang air kecil
  • Urine berwarna lebih keruh dari biasanya
  • Terdapat darah ketika buang air kecil
  • Kandung kemih terasa tidak dapat dikosongkan atau rasa tidak puas setelah buang air kecil
  • Rasa tidak nyaman pada area panggul
  • Disfungsi seksual dan kehilangan libido

Apakah Penyakit Prostat Berbahaya?

Penyakit prostat ini dapat berkembang menjadi kanker kelenjar prostat jika terus dibiarkan. Kondisi tersebut diakibatkan oleh pertumbuhan sel secara abnormal pada kelenjar prostat yang berfungsi sebagai pelindung dan pengangkut sperma.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut Global Cancer Statistic, pada tahun 2023 penderita kanker prostat di dunia tercatat telah mencapai 1.400.000 orang. Bahkan kanker prostat disebut sebagai kanker paling sering didiagnosis ke-4 di dunia.

Sebagian besar penderita kanker prostat tidak mengalami gejala apapun. Oleh karena itu, kanker prostat disebut sebagai The Silent Killer yang dapat mengancam nyawa pria dewasa berusia lanjut.

Prosedur Operasi Prostat

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, prosedur operasi prostat akan dilakukan jika terdeteksi kanker pada stadium awal yang ditandai dengan ukuran kankernya kecil dan terlokalisasi. Operasi prostat atau prostatektomi adalah prosedur pembedahan untuk mengangkat sebagian atau seluruh kelenjar prostat yang dimiliki laki-laki.

Terkadang operasi tersebut juga dilakukan dengan mengangkat jaringan lain di sekitar kelenjar prostat. Kelenjar tersebut letaknya berada tepat di bawah kandung kemih pria yang berfungsi untuk memproduksi air mani.

Operasi prostat bertujuan untuk mengobati Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) alias pembesaran prostat jinak. Operasi prostat dilakukan sebagai bentuk pengobatan kanker prostat selain melalui pengobatan kemoterapi, radioterapi atau terapi hormon. Prosedur tersebut dilakukan untuk mengatasi gejala pembesaran prostat BPH yang dapat menghambat aliran urine sehingga mampu menyebabkan komplikasi pada penderitanya.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar