Hikmah Malam: Allah SWT Tak Pedulikan Orang Seperti Ini pada Hari Kiamat



banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Pada hari kiamat kelak, ada sekelompok orang yang tidak akan dihiraukan bahkan tidak diajak bicara oleh Allah SWT. Orang-orang tersebut juga tidak akan diberi ampunan.

Padahal, Allah SWT akan memberi naungan kepada manusia di kiamat nanti agar terlindungi dari dahsyatnya panas matahari di padang mahsyar. Lantas siapa saja orang yang tidak akan dipedulikan oleh Allah SWT ini?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Imam Nawawi dalam Syarah Riyadhus Shalihin melampirkan hadits tentang orang-orang yang tidak diajak bicara oleh Allah SWT di hari kiamat kelak. Riwayat ini dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Nabi SAW bersabda:

ثَلَاثَةٌ لَا يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَا يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ وَلَا يُزَكِّيهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ: رَجُلٌ عَلَى فَضْلٍ مَاءٍ بِالْفَلَاةِ يَمْنَعُهُ مِنِ ابْنِ السَّبِيلِ، وَرَجُلٌ بَايَعَ رَجُلاً سِلْعَةً بَعْدَ الْعَصْرِ، فَحَلَفَ بِاللَّهِ لَأَخَذَهَا بِكَذَا وَكَذَا فَصَدَّقَهُ وَهُوَ عَلَى غَيْرِ ذَلِكَ، وَرَجُلٌ بَايَعَ إِمَامًا لَا يُبَايِعُهُ إِلَّا لِدُنْيَا، فَإِنْ أَعْطَاهُ مِنْهَا وَفَى، وَإِنْ لَمْ يُعْطِهِ مِنْهَا لَمْ يَفِ

Artinya: “Ada tiga kelompok (manusia) yang nanti pada hari kiamat, Allah tidak akan bercakap-cakap dengan mereka; Allah tidak akan memandang mereka; Allah tidak akan menyucikan (memaafkan) mereka; dan bagi mereka siksaan yang sangat pedih: (1) seseorang yang mempunyai kelebihan air di tengah-tengah padang pasir saat dalam perjalanan, tetapi ia tidak mau memberi orang lain (yang membutuhkan); (2) seseorang yang menawar suatu barang milik orang lain sesudah Ashar kemudian ia bersumpah dengan nama Allah untuk mengambilnya (membelinya) dengan syarat begini dan begitu, lalu disetujuinya tetapi kemudian ia mengkhianatinya; (3) seseorang yang berjanji untuk membaiat (mendukung) pemimpin hanya karena dunia (harta), di mana bila permintaannya dipenuhi maka ia menepati janjinya dan bila permintaannya tidak dipenuhi maka ia tidak mau menepati janjinya.” (Muttafaq Alaih)

Imam Nawawi menyebut maksud dari “tidak akan bercakap-cakap dengan mereka” dalam hadits tersebut adalah Allah SWT tidak akan mengajak golongan tersebut berbicara dengan pembicaraan yang penuh kasih sayang.

Dalam riwayat lain, Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Rasul SAW bersabda, “Ada tiga macam orang yang tidak diajak oleh Allah pada hari kiamat dan tidak pula menganggap mereka sebagai orang bersih (dari dosa), juga tidak bersedia melihat mereka itu, bahkan mereka akan memperoleh siksa yang pedih sekali: (1) orang tua yang berzina, (2) raja (pemimpin negara) yang suka membohong, dan (3) orang miskin yang sombong.” (HR Muslim)

Sementara, dalam buku Ensiklopdia Kiamat, Syekh Umar Sulaiman Al-Asygar menyebut golongan manusia yang tidak akan diperhatikan Allah SWT pada hari kiamat yaitu orang yang durhaka kepada kedua orang tua, orang yang menyerupai laki-laki, dan muncikari.

Hal itu berdasarkan hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abdullah bin Amr RA. “Tiga orang yang Allah tidak akan memperhatikan mereka pada hari kiamat: orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, perempuan yang menyerupai laki-laki, dan muncikari.” (HR Ahmad, Nasa’i, dan Hakim)

Berikutnya, yaitu orang yang menyetubuhi istrinya melalui dubur sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang menyetubuhi istrinya di dubur tidak akan diperhatikan oleh Allah.” (HR Nasa’i)

Dan Ketiga, yaitu orang-orang yang menjuntaikan pakaiannya dengan sombong. Hal itu dijelaskan dalam riwayat Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda, “Pada hari kiamat, Allah tidak akan memandang orang yang menjuntai pakaiannya dengan sombong.” (HR Bukhari dan Muslim)

Itulah daftar orang-orang yang tidak akan dipedulikan Allah SWT pada hari kiamat. Naudzubillahiminzalik, semoga kita tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang tersebut.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Komentar