Bacaan Laa Ilaha illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin : Bahasa Arab, Arti Dan Manfaatnya

Laa Ilaha illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin
Berdoa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idMembaca kalimat “Laa Ilaha illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin” merupakan doa Nabi Yunus yang didalamnya ia memohon ampun dan taubat kepada Allah.

Nabi Yunus berada di dalam perut ikan paus selama 40 hari karena Allah memperingatkannya akan kesalahannya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Nabi Yunus ibnu Mata pada saat itu diperingatkan oleh Allah SWT untuk meninggalkan umatnya karena perilakunya.

Kisah Nabi Yunus terdapat dalam Al-Qur’an surat Al Anbiya ayat 87:

وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَۚ

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan sangat gelap:”Bahwa tak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.”

Nah, berikut ini bacaan doa Nabi Yunus untuk muslim amalkan lengkap teks Arab, latin, dan Artinya

Laa Ilaha illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin

لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَۚ

Latin: Laa Ilaha illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.

Manfaat Bacaan Laa Ilaha illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin

  1. Ampunan dan Taubat

Melansir buku ‘Ustaz Cinta Jodoh untuk Semua’ terbitan Puspa Swara, manfaat membaca doa Nabi Yunus tersebut untuk memohon ampunan pada Allah SWT atau bertaubat. Taubat berfungsi untuk menghapus dosa yang pernah dilakukan.

  1. Meneguhkan Iman

Manfaat lainnya yakni meneguhkan iman kepada Allah kala ditimpa musibah. Di dalam hadits Nabi SAW disebutkan anjuran untuk membaca doa Nabi Yunus tersebut kala tertimpa musibah.

  1. Dikabulkan Doa

Manfaat bacaan doa Nabi Yunus selanjutnya bagi Muslim yang membaca doa tersebut dan memohon sesuatu akan dikabulkan Allah.

عَنْ سَعْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعْوَةُ ذِي النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِي بَطْنِ الْحُوتِ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنْ الظَّالِمِينَ فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِي شَيْءٍ قَطُّ إِلَّا اسْتَجَابَ اللَّهُ لَهُ

Dari Sa’din ia berkata; Rasulullah shallallahu waalaihi wa sallam bersabda: “Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah; laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minazh zhaalimiin (Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah melainkan Allah kabulkan baginya.” (HR. Tirmidzi) [No. 3505 Maktabatu Al Maarif Riyadh] Shahih.

Demikian ulasan bacaan Laa Ilaha Illa Anta Subhanaka inni Kuntu Minadzalimin lengkap teks Arab, latin, artinya dan maknanya yang perlu muslim ketahui dan amalkan.

Wallahu A’lam Bish Showab

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *