Alasan Mengapa Kita Harus BerWakaf, Amalan dan Investasi di Akhirat

Mengapa Kita Harus BerWakaf
wakaf
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idMeski wakaf tidak wajib seperti zakat dan haji, namun memiliki banyak keutamaan jika dilakukan oleh seorang muslim.

Wakaf bisa diibaratkan seperti pohon. Jika sebuah pohon dirawat dan dikembangkan, maka ia akan berumur bertahun-tahun, menghasilkan buah yang banyak, dan memberi manfaat bagi banyak orang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Berikut beberapa alasan mengapa wakaf sangat istimewa, antara lain:

Mengikuti Amalan Rasulullah dan Sahabat

Semasa hidupnya, Rasulullah juga berwakaf. Begitupun dengan sahabat-sahabat Rasulullah.

“Setelah Rasulullah SAW wafat, beliau tidak meninggalkan dirham, dinar, dan budak lelaki atau perempuan. Beliau tidak meninggalkan seekor bighal (yang diberi nama) al-Baidha’, senjata, dan tanah yang beliau jadikan sebagai sedekah (wakaf).” (HR Bukhari)

Membangun Sarana yang Bermanfaat untuk Masyarakat

Hasil dari wakaf memberikan banyak manfaat, seperti pembangunan rumah sakit, sekolah untuk kaum dhuafa, rumah sakit bagi yang tidak mampu, masjid untuk sarana dakwah, dan lain-lain.

Salah satu bukti konkret manfaat wakaf dapat dilihat dari apa yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa yang mendirikan dan mengembangkan rumah sakit dhuafa dengan biaya pengobatan gratis dan fasilitas berkualitas.

Meningkatkan Ekonomi Negara secara Makro

Salah satu contohnya yang ada di negara Turki. Wakaf mampu membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat bahkan mampu mengurangi angka belanja negara khususnya untuk kebutuhan Pendidikan. Jika konsisten dilakukan maka wakaf dapat mengangkat perekonomian makro suatu negara.

Investasi untuk Kehidupan Akhirat

Seperti halnya investasi, manfaat wakaf tidak langsung dirasakan saat itu juga, tetapi baru akan terasa setelah beberapa waktu. Begitu pula dengan wakaf, manfaat utamanya akan dirasakan di akhirat. Namun, di dunia pun manfaat wakaf bisa dirasakan oleh orang-orang yang menerima manfaat dari aset wakaf tersebut.

“Sesungguhnya di antara apa yang dijumpai oleh seorang mukmin dari amalnya dan kebaikannya setelah dia mati itu adalah ilmu yang disebarkannya, anak shalih yang ditinggalkan, mushaf yang diwariskan, masjid yang didirikannya, rumah yang didirikan untuk ibnu sabil, sungai yang dialirkan atau sedekah yang dikeluarkan dari hartanya di waktu sehat dan hidupnya, semua dia jumpai pahalanya sesudah dia mati.” (HR Ibnu Majah)

Pahala Wakaf Mengalir Abadi

Walaupun pewakaf sudah tiada, pahalanya terus mengalir karena memberikan hartanya untuk hal yang bermanfaat, selagi apa yang diwakakan tersebut masih ada.

“Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda: ‘Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak saleh yang mendoakan kepadanya’.” (HR Muslim)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *