Doa Orang Yang Pulang Dari Haji Mustajab Menurut Sunnah

Doa Orang Yang Pulang Dari Haji
ilustrasi: berdoa di baitullah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idBeberapa jemaah haji asal Indonesia kini sudah tiba di Tanah Air. Umat ​​Islam yang menyambut kepulangan jemaah haji dapat mendoakannya. Di bawah ini adalah bacaan doa bagi mereka yang kembali dari haji yang dapat diamalkan.

Di Indonesia, menyambut pulang haji sudah menjadi tradisi. Faktanya, kegiatan menyambut jemaah haji kembali dari haji telah dilakukan bahkan pada masa Nabi SAW.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Merujuk pada kitab “Ringkasan Shahih Bukhari 1 karya Muhammad Nasir al-Din Albani terjemahan As’ad Yasin dan Elly Latifa, kisah Ibnu Abbas RA yang menceritakan Nabi SAW yang disambut ketika pulang haji.

عن ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِي اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ : لَمَّا قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مكة ، اسْتَقْبَلَتْهُ أَغَيْلِمَةُ بَنِي عَبْدِ الْمُطَّلِبِ ، فَحَمَلَ وَاحِدًا بَيْنَ يَدَيْهِ وَآخَرَ خَلْفَهُ . ( وَمِنْ طريق أَيوب قَالَ : ذُكرَ الأَشَرُّ الثلاثةِ عِنْدَ عكرمة ، فَقَالَ : قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ : أَتَى رَسُولُ اللهِ وَقَدْ

حَمَلَ خَتَمَ بَيْنَ يَدَيْهِ ،وَالْفَضْلَ خَلْفَهُ ، أَوْ قُتَمَ خَلْفَهُ ، وَالْفَضْلَ بَيْنَ يديه ، فَأَيُّهُمْ شَرٌّ ؟ أَوْ أَيُّهُمْ شَرٌّ

Artinya: Ibnu Abbas RA berkata, “Ketika Nabi (SAW) tiba di Makkah, beliau disambut oleh anak-anak kecil dari Bani Abdul Muthalib. Lalu, beliau membawa seorang di muka beliau dan yang lain di belakang beliau.” (Dan dari jalan Ayyub, dia berkata, “Disebutkan tiga anak yang nakal di sisi Ikrimah, lalu ia berkata, ‘Ibnu Abbas berkata, ‘Rasulullah datang sambil membawa Qutsam di depan beliau dan Fadhl di belakang beliau, atau Qutsam di belakang beliau dan Fadhl di depan beliau. Maka, manakah di antara mereka yang nakal? Atau, manakah di antara mereka yang baik?’”

Bacaan Doa Orang Pulang Haji Mustajab

Diambil dari buku Doa-doa Mustajabah karya Abu Qalbina, berikut bacaan doa doa orang pulang haji:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلحَاجِّ وَلَمَنِ اسْتَغْفَرَ لَهُ الْحَاجَ

Allâhumaghfir lil-hâjji wa limanistaghfara lahul-hâjju

Artinya: “Ya Allah, ampunilah orang yang telah menunaikan haji, dan kabulkan seluruh ampunan yang telah disampaikan oleh orang yang telah menunaikan haji.”

Selain doa di atas, ada pula doa orang pulang haji lainnya yang bisa diamalkan muslim. Mengutip buku Kumpulan Doa Makbul Berdoa Sesuai dengan Al-Qur’an & As Sunnah karya Neni Nuraeni, berikut bacaanya.

قَبلَ اللهُ حَجَّكَ وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَاخْلَفَ نَفَقَتَكَ

Qabilallahu hajjaka wa ghafara dzanbaka wa akhlafa nafaqataka

Artinya: “Mudah-mudahan Allah menerima hajimu, mengampuni dosamu, dan mengganti biaya (hajj)mu.” (HR Ibnu Sunni)

Makna Doa Pulang Haji

Menurut Mahmud Asy Syafrowi dalam buku Sukses Dunia-Akhirat Dengan Doa-Doa Harian, doa orang pulang haji ini punya makna bahwa kita memohon kepada Allah SWT agar mengampuni orang yang baru saja melaksanakan haji itu, yakni berupa ampunan yang menjadikan hajinya sebagai haji yang mabrur dan semoga Allah SWT juga mengampuni orang yang dimintakan ampunan oleh orang yang haji tersebut.

Doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW tersebut juga memberi pesan kepada muslim agar meminta istighfar kepada orang yang haji supaya termasuk dalam bagian doa tersebut. Makna dari kalimat “…Wa liman istaghfara lahul hajj (dan kepada orang yang dimintakan ampunan oleh orang yang haji)” menunjukkan bahwa pesan ini berlaku sepanjang waktu.

Namun, dalam Ihya ‘Ulumaddin, Imam Ghazali menyebutkan riwayat dari sahabat Umar RA bahwa orang yang haji akan diampuni, begitu pula dengan orang yang dimintakan ampunan oleh orang yang haji pada bulan Dzulhijjah, Muharram, Safar, dan hingga tanggal dua puluh dari bulan Rabiul Awal. Jadi, kesunnahan untuk meminta doa dari orang yang haji berakhir pada tanggal dua puluh Rabiul Awal.

Ibnu Rajab menambahkan jemaah yang pulang ke kampung halamannya setelah tanggal tersebut, maka anjuran itu berlaku sampai ia tiba di kampung halamannya.

Hal ini menjadi sunnah yang diikuti oleh ulama salaf yang senang mengiringi orang-orang yang akan berangkat perang dan menyambut orang yang baru pulang haji hingga meminta doa dari mereka sebelum mereka terkotori oleh dosa-dosa.

Tanda-tanda Haji Mabrur

Mendoakan orang pulang haji dapat menjadi media untuk mendoakan jemaah tersebut memperoleh kemabruran dalam ibadahnya, Dilansir buku Tuntunan Super Lengkap Haji & Umrah karya Sholihin As Suhaili, pada dasarnya haji mabrur adalah haji yang membawa kebaikan pada jemaah dan sekitarnya karena amalannya di Tanah Suci diterima Allah SWT.

Kemabruran ini juga dapat diraih dengan mengamalkan seluruh syarat dalam ibadah dengan sempurna dan menjauhi segala yang dilarang Allah SWT. Selain itu, bisa didoakan untuk mereka yang baru pulang haji.

Meski tidak ada yang tahu apakah kemabruran tersebut berhasil diraih seorang jemaah atau tidak. Namun, ada sejumlah tanda yang terlihat, salah satunya, dilansir dari buku Fikih Kontemporer Haji dan Umrah karya Ahmad Kartono, perubahan sikap yang lebih baik setiba jemaah tersebut sampai di rumah dibandingkan sebelum berangkat haji.

Wallahu a’lam.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *