6 Kesalahan Saat Minum Kopi Yang Masih Sering Dilakukan

Kesalahan Saat Minum Kopi
Minum Kopi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idKopi merupakan salah satu minuman terpopuler di dunia. Sangat banyak orang yang menjadikan minum kopi sebagai rutinitas sehari-hari.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Selain aroma dan rasanya yang unik, kopi memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain meningkatkan energi, meningkatkan konsentrasi, membantu menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat minum kopi. Hal ini tidak hanya mengurangi manfaat kopi, tetapi juga meningkatkan risiko beberapa penyakit.

Dikutip dari Healthshots: Inilah kesalahan minum kopi yang jarang disadari banyak orang.

  1. Tidak minum air putih

Kopi adalah minuman yang bersifat diuretik. Ini karena kopi dapat meningkatkan produksi urin dan frekuensi buang air kecil.

Akibatnya, tubuh rentan kekurangan cairan. Jika konsumsi kopi tidak diimbangi dengan air putih, maka risiko dehidrasi akan meningkat. Kondisi ini dapat menyebabkan beragam gangguan kesehatan, seperti kelelahan, sakit kepala, hingga fungsi kognitif.

  1. Minum kopi saat masih panas

Mengonsumsi kopi yang baru diseduh juga tidak baik untuk kesehatan. Pasalnya, minuman yang terlalu panas dapat mengiritasi kerongkongan dan meningkatkan risiko kanker esofagus.

Karenanya, diamkan kopi beberapa saat sebelum diminum untuk menurunkan risiko tersebut.

  1. Menambahkan gula berlebihan

Ini adalah salah satu kesalahan minum kopi yang sering dilakukan. Memang, menambahkan gula dapat membuat kopi terasa lebih nikmat. Tapi, kopi yang terlalu banyak diberi gula justru bisa menjadi minuman yang mendatangkan penyakit.

Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak yang lebih besar. Hal ini dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti perlemakan hati, diabetes, dan penyakit jantung.

  1. Menambahkan whipped cream

Belakangan, orang-orang mulai menambahkan whipped cream ke kopi mereka. Ternyata, hal ini tidak disarankan karena bisa merusak khasiat dari kopi itu sendiri. Whipped cream cenderung mengandung gula dan pemanis tambahan lain yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan serta efek merugikan lain bagi kesehatan.

  1. Minum kopi terlalu banyak

Kopi memang bisa menambah energi dan meningkatkan konsentrasi. Meskipun begitu, usahakan untuk tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan dalam sehari.

Kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh. Kortisol adalah hormon yang mengatur respons tubuh terhadap stres, serta memengaruhi tingkat energi.

Jika level kortisol terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan susah tidur, kecemasan, sakit kepala, hingga perubahan suasana hati.

  1. Minum kopi sebelum tidur

Kopi kerap dijadikan teman untuk begadang karena efeknya memang bisa mengusir kantuk. Namun demikian, banyak juga yang mengonsumsinya menjelang tidur.

Ini karena kafein menghalang aktivitas adenosine, yaitu senyawa yang merangsang kantuk dan mendorong keinginan untuk tidur. Jika seseorang terlalu sering minum kopi sebelum tidur, maka akibatnya kualitas tidur akan terganggu, sehingga meningkatkan risiko berbagai macam masalah kesehatan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *