Pernyataan Ketua BPIP Soal Agama Musuh Pancasila Bikin Tifatul Sembiring Kecewa

Tifatul Sembiring. Foto: Viva
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, hajinews.id–Pernyataan Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi yang menyebut agama menjadi musuh besar Pancasila membuat politikus PKS Tifatul Sembiring kecewa.

Mantan Menkominfo itu mengaku heran mengapa agama yang menjadi tertuduh atas kesalahan pelaksanaan Pancasila.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Faktanya yang pernah merobek nilai-nilai Pancasila itu kan PKI, mas. Kok agama jadi tertuduh…?,” ujar Tifatul Sembiring lewat akun Twitternya.

Kepala BPIP yang juga Rektor UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta itu dalam wawancaranya seperti dilansir Detik.com, Rabu (12/2), mengungkapkan belakangan ada kelompok yang mereduksi agama sesuai kepentingannya sendiri yang tidak selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

“Si Minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan,” papar Yudian

Yudian menjelaskan seraya mengidentifikasi kelompok Ijtima Ulama yang beberapa waktu lalu menentukan keputusan politik terhadap salah satu paslon capres-cawapres.

Ia juga menjelaskan adanya organisasi Islam di luar Muhammadiyah dan NU yang dianggap tidak menggunakan asas organisasinya berdasarkan Pancasila, tetapi berdasarkan agama yakni Islam. ”Dari situlah sebenarnya Pancasila sudah dibunuh secara administratif,” ujarnya.

Untuk mewujudkannya (Pancasila) kita butuh sekularitas bukan sekularisme. Artinya soal bagaimana aturan mainnya kita sendiri yang harus menentukannya,” kata Yudian. (wh/dtk)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *