BMKG: Jabodetabek dan Wilayah Lain Diguyur Hujan Sangat Deras

Ilustrasi. (ist)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan deras hingga sangat deras terjadi di wilayah Jabodetabek dan sejumlah daerah lain di Indonesia mulai 22 hingga  24 Februari 2020.

“Prakiraannya untuk hari ini dan besok memang lebat hingga sangat lebat,” kata Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG A Fachri Rajab seperti dikutip Antara, Ahad (23/2/2020).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Fachri mengatakan wilayah Indonesia saat ini masih dalam masa puncak musim hujan. Masyarakat diimbau untuk terus memantau informasi prakiraan cuaca dari BMKG dan peringatan dini yang diumumkan di website resmi BMKG sehingga dapat mengatur rencana kegiatan dengan baik.

Fachri memaparkan wilayah yang berpotensi hujan lebat pada hari ini adalah Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Maluku.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat atau petir adalah Sumatera Barat, Bengkulu Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Gorontalo dan Papua.

Adapun wilayah yang berpotensi hujan lebat pada Senin (24/2/2020) adalah Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Maluku.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat atau petir pada Senin (24/2) adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Curah hujan dengan kategori lebat yakni 50 – 100 mm per hari sementara kategori sangat lebat dengan 100 – 150 mm per hari.

Sementara itu hujan lebat yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Ahad (23/2/2020) dini hari WIB, mengakibatkan sejumlah lokasi terendam banjir.

Sebagaimana dilansir dari akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, Ahad pagi, banjir menggenangi rumah warga di wilayah Pisangan Baru, Jakarta Timur. Dari sejumlah foto yang diunggah, ketinggian air di daerah ini tampak tinggi hingga seperut orang dewasa.

Tak hanya wilayah DKI Jakarta, banjir pada Ahad pagi juga menggenangi sejumlah wilayah Bekasi Kota maupun kabupaten.

Twitter TMC Polda Metro Jaya menyampaikan perkembangan informasi bahwa banjir dengan ketinggian air 30-40 cm menggenangi wilayah Pejuang Jaya, Bekasi. Dalam foto yang diunggah, memperlihatkan jalan-jalan di komplek perumahan warga tergenang air.

Banjir cukup parah dilaporkan terjadi di salah satu perumahan yang memang kerap menjadi langganan banjir di Kabupaten Bekasi yaitu di kompleks perumahan Pondok Ungu Permai, Kaliabang Tengah, Bekasi Utara. (rah/berbagai sumber)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *