Takut Corona, Kim Jong-un Perintah Tembak di Tempat Pendatang China

Foto ilustrasi Kim Jong-un. (Ist)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id – Otoritas China memerintahkan warganya untuk menjauhi area perbatasan dengan Korea Utara (Korut) demi mencegah risiko ditembak oleh tentara Korut. Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un menerapkan tembak di tempat bagi pendatang dari China yang mencoba masuk ke Korut untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona.

Perintah dari otoritas China untuk menjauhi perbatasan Korut itu disampaikan berdasarkan keterangan warga setempat sebagaimana dipantau pada Kamis (5/3/2020). Melansir Reuters, warga setempat menyebutkan peringatan itu disampaikan lewat pemberitahuan tertulis yang disebar pada pekan ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kami diberi tahu kemungkinan akan tewas ditembak apabila berada terlalu dekat di wilayah perbatasan,” kata seorang pemilik restoran di Jian yang menolak menyebut identitasnya.

Menurut peringatan tersebut warga dua kota di China itu dilarang memancing, menggembalakan ternak, atau membuang sampah dekat sungai.

Otoritas Korut juga meminta China agar meningkatkan penjagaan di perbatasan demi mencegah kemungkinan ada warganya yang tertembak, mengingat Korut telah meningkatkan status waspada terhadap virus Corona jenis baru pada level tertinggi.

“Petugas keamanan akan mengawasi wilayah perbatasan selama 24 jam sehari dan tiap orang yang ditemukan (mendekati perbatasan) akan ditahan oleh kepolisian China,” kata otoritas setempat dalam surat peringatan itu. “Mereka yang memaksa mendekati perbatasan akan ditembak (oleh tentara Korut)”.

Pegawai urusan propaganda di Jian, yang menolak menyebut namanya, mengonfirmasi isi peringatan tersebut dan mengatakan petugas di perbatasan juga mengeluarkan larangan yang sama melalui pesan singkat. Adapun sampai sejauh ini, Kementerian Luar Negeri China belum bisa dimintai tanggapan.

Dilansir TheSun, mengutip surat kabar Korea Selatan Dong-a Ilbo, baru-baru ini tentara Korut telah menembak mati warganya yang diduga terinfeksi karena melarikan diri menolak dikarantina.

Saat ini pemerintah Korea Utara menutup perbatasannya dan melarang pendatang dari China demi mencegah penyebaran virus Corona jenis baru (Covid-19). China dan Korut berbagi wilayah perbatasan sepanjang 1.400 kilometer (880 mil). Perbatasan antara China di Kota Jian dengan Korut ditandai dengan aliran Sungai Yalu yang mengalir di wilayah kedua negara tersebut. (rah/berbagai sumber)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *